Hardini, Eka. 2019. Pengaruh Latihan AMRAP Dan Tabata Terhadap Daya Tahan Dan Kelincahan Studi Pada Siswa Ekstrakurikuler Bolabasket Surabaya Grammar School. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Dosen Pembimbing: (I) Dr. Oce Wiriawan, M.Kes., dan (II) Dr. Amrozi Khamidi, M.Pd.
Kata Kunci: Latihan, AMRAP, Tabata, Daya Tahan, Kelincahan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya tahan dan kelincahan pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket di Surabaya Grammar School yang berjumlah 30 siswa yang terbagi menjadi 3 dengan masing – masing kelompok terdiri dari 10 siswa dengan pemberian perlakuan pada kelompok I berupa metode latihan Tabata sedangkan kelompok II berupa metode latihan AMRAP dan kelompok III adalah dengan metode latihan konvensional.Penelitian ini dilakukan selama 21 kali pertemuan dengan melakukan pretest,posttest dan treatment dengan melakukan MFT test untuk mengukur daya tahan dan shuttle run test untuk mengukur kelincahan. Treatment dalam penelitian ini dilakukan 3 kali seminggu selama 6 minggu.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh latihan Tabata terhadap daya tahan dan kelincahan, 2) Pengaruh latihan AMRAP terhadap daya tahan dan kelincahan, 3) Perbedaan pengaruh antara latihan Tabata dan AMRAP terhadap daya tahan dan kelincahan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode statistik komparatif uji analisis deskriptif, uji T Paired, uji analysis of varians (anova), uji post-hoc dengan LSD, kemudian dapat disimpulkan latihan AMRAP memberikan peningkatan yang signifikan terhadap daya tahan yaitu sebesar 2,39 (9,6%) dan pada Tabata memberikan peningkatan yang signifikan terhadap daya tahan sebesar 1,47 (6,0%) sedangkan pada kelincahan metode latihan AMRAP tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan dengan ditunjukkan dengan nilai statistik -1,09 (-0,7%) sama halnya pada metode latihan Tabata yaitu sebesar -0,238 (-1,6%).
Hardini, Eka. 2019.The Effect of AMRAP and Tabata Training on The Endurance and Agility for Extracurricular Basketball Students at Surabaya Grammar School. Thesis. Sport Education Study Program. Graduate of Surabaya State University. Counselor: (I) Dr. Oce Wiriawan, M.Kes., and (II) Dr. Amrozi Khamidi, M.Pd.
Keywords: Training, AMRAP, Tabata, Endurance, Agility
This study aim to increase the endurance and agility for all students who are join Extracurricular of basketball activies at Surabaya Grammar School with 30 students in total which are divided into 3 different groups with each group consisting of 10 students by giving Tabata training methode with treatment in group 1, while in group 2 the AMRAP training methode and group 3 is by conventional methode. This research was conducted for 21 days, by pretest, posttest and treatment by performing the MFT test to measure the endurance and shuttle run test for measuring the agility. Treatment has been done 3 times a week in 6 weeks.
The aim of this research is to discover: 1) Effect of Tabata training for endurance and agility, 2) Effect of AMRAP training for endurance and agility, 3) The different effect between Tbata and AMRAP training for endurance and agility. The methode in this study uses comparative statistical methods descriptive analysis test, paired T-test, analysis of varians test (anova), post-hoc with LSD test, the conclusion of AMRAP training showed that there is a siginificant increase for endurance which is equal to 2,39 (9,6%) and Tabata training showed significant increase which equal to 1,47 (6,0%) while on agility, AMRAP training methode does not show the significant effect which statitistical value -1,09 (-0,7%) it is also the same wich Tabata training, the method showed the equal of -0,238 (-1,6%).