Mathematical Communication of JHS Students in Solving One-Variable Linear Equation Word Problems in Term of Extrovert and Introverted Personality Types
Komunikasi matematis diperlukan bagi siswa dalam proses pembelajaran maematika karena melalui komunikasi siswa dapat mengungkapkan, menginterpretasikan dan menyimpulkan ide matematika baik secara tulis maupun lisan. Sedangkan, perbedaan tipe keprbadian yang dimiliki oleh setiap siswa salah satunya tipe kepribadian extrovert dan tipe kepribadian introvert. Perbedaan tipe kepribadian yang dimiliki siswa, memungkinkan terjadinya perbedaan komunikasi matematis tulis dan lisan mereka dalam menyelesaikan soal cerita Persamaan Linear Satu Variabel.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita PLSV ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, tes kemampuan matematika, tes komunikasi matematis tulis, dan tes komunikasi matematis lisan. Subjek dalam penelitian ini yaitu dua siswa, satu siswa bertipe kepribadian extrovert dan satu siswa bertipe kepribadian introvert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa dengan tipe kepribadian extrovert cenderung tidak menuliskan startegi penyelesaian dan cenderung tergesa-gesa saat menyelesaikan soal cerita pada komunikasi matematis tulis. Sedangkan pada komunikasi matematis lisan, siswa extrovert cenderung tidak teliti dalam membaca soal dan cenderung mengucapkan dengan lancar dan yakin bahwa jawaban yang diutarakan sudah benar; (2) siswa dengan tipe kepribadian intorvert cenderung tidak lengkap dalam menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal dan cenderung tidak teliti saat mengerjakan soal cerita dikarenakan terdapat kesalahan saat melakukan operasi hitung pada komunikasi matematis tulis. Sedangkan pada komunikasi matematis lisan, siswa introvert cenderung berhati-hati dan menjawab pertanyaan dengan hati-hati dengan melihat soal kembali. Serta siswa introvert cenderung tidak lengkap mengucapkan apa yang ditanyakan pada soal.
Berdasarkan deskripsi dan hasil analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa siswa extrovert mampu memenuhi 3 indikator komunikasi matematis tulis dan lisan, sedangkan siswa introvert mampu memenuhi 2 indikator komunikasi tulis dan memenuhi 3 indikator komunikasi matematis lisan.
Mathematical communication is necessary for students to learn mathematics because, through communication, students can express, interpret and conclude mathematical ideas in writing and orally. Meanwhile, the differences in personality types possessed by each student are extrovert personality types and introvert personality types. The study results show that (1) students with extroverted personality types tend not to include initial solutions and tend to rush when solving word problems in written mathematical communication. Whereas in oral mathematical communication, extrovert students tend not to be careful in reading the questions and tend to understand things smoothly and believe that the answers given are correct; (2) students with introverted personality types tend to be incomplete in writing down what is known and asked about the questions and tend to be careless when working on word problems because there are errors when performing arithmetic operations on written mathematical communication. Whereas in oral mathematical communication, introverted students tend to be careful and answer questions carefully by looking at the questions again. Moreover, introverted students must be complete in giving what is asked in the questions. Extroverted students can fulfill three indicators of written and oral mathematical communication, while introverted students can fulfill two indicators of written and able to fulfill three indicators of oral communication. The research implies that teachers can design learning by paying attention to the extrovert and introverted personality types possessed by students.