PENGARUH PERMAINAN SIRKUIT TERHADAP MOTIVASI SISWA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Nama : Adhil Adhennin
NIM : 15060464146
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Jurusan : Pendidikan Olahraga
Fakultas : Fakultas Ilmu Olahraga
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Bernard Djawa, S.Pd., M.Pd.
Motivasi merupakan salah satu faktor penting siswa untuk melaksanakan gerak dan mengikuti intruksi guru dalam pembelajaran. Motivasi merupakan suatu dorongan yang terdapat dalam diri seseorang untuk berusaha mengadakan perubahan tingkah laku yang lebih baik. permainan sirkuit adalah model pelatihan yang terdiri dari beberapa stasiun yang disusun dalam lingkaran agar kelompok otot bekerja secara berurutan dari stasiun ke stasiun. Jadi dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan permainan sirkuit sebagai perangsang untuk membangkitkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasamani olahraga dan kesehatan (PJOK).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh permainan sirkuit terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK dan jika ada seberapa besar pengaruhnya. Penelitian berjenis penelitian eksperimen murni dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain randomized control group pre-test - post-test design.
Berdasarkan data yang didapat terdapat pengaruh permainan sirkuit terhadap motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,010 ≥ α 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak dengan pengaruh sebesar 3,14%.
Kata Kunci : Permainan Sirkuit, Motivasi Belajar Siswa.
ABSTRACT
THE INFLUENCE OF CIRCUIT GAMES ON THE STUDENTS MOTIVATION TAKING PHYSICAL EDUCATION.
Name : Adhil Adhennin
Study Program : S-1 Physical Education, Health and recreation
Majors : Sports Education
Faculty : Sports Sciences Faculty
Name of Institution : State University of Surabaya
Tutor : Dr. Bernard Djawa, S.Pd., M.Pd.
Motivation is an important factor for students to move and follow the instruction of the teacher in learning. Motivation is a self encouragement to try and make a better behavior change. The circuit game is a training model consist of several stations arranged in circles so that the body muscle groups work sequentially from the station to the station. So in this research will use the circuit game as an stimulant to inspire the learning motivation of students in following the educational learning of Physical Education (PE).
This research aims to find out whether or not the influence of the circuit games on the motivation to learn students in PE learning and how much influence of it. This Research uses a quantitative descriptive approach with the design of randomized control group pre-test and -post-test design.
Based on the data obtained there is the influence of circuit games on the motivation to learn students in following the PE learning evidenced by the significance value of 0.010 ≥ α 0.05 which means Haaccepted and Ho rejected by an influence of 3.14%.
Keywords: Circuit Games, Learning Motivation For Students.