PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN DURASI PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA SDN WIYUNG I/453 SURABAYA
THE INFLUENCE OF PARENTING AND THE DURATION OF GADGET USE ON THE LEARNING OUTCOMES OF CIVIL EDUCATION STUDENTS OF SDN WIYUNG I / 453 SURABAYA
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada
pembentukan warga Negara yang memahami dan mampu
melakukan hak-hak dan kewajiban untuk menjadi
warganegara yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang
diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 45. Pembentukan
karakter pada anak usia sekolah dasar membutuhkan peran
orang tua sebagai bentuk interaksi antara orang tua dengan
anak melalui perlakuan, perhatian, pendidikan, bimbingan,
serta kedisiplinan. Anak-anak yaitu mereka yang berusia 6-
14 tahun atau disebut periode intelektual, dan berada dalam
proses menuju sifat kedewasaan, pola pikir mereka
cenderung terbuka dan mudah menerima hal-hal baru yang
bersifat inovatif dibandingkan orang tua. Di era milenial
saat ini, teknologi sangat penting terhadap hasil belajar
siswa. Penggunaan gadget memegang peranan yang sangat
penting dalam penggunaan gadget. Gadget merupakan
kumpulan perangkat elektronik yang berkembang pesat di
era globalisasi dan memiliki fitur khusus seperti smartphone,
kamera, dan laptop. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan durasiĀ penggunaan gadget terhadap hasil belajar PKn siswa SDN
Wiyung I/453 Surabaya. Metode penelitian pada penelitian
ini adalah kuantitatif korelasional dengan desain penelitian
cross sectional. Subjek pada penelitian ini adalah besar
sampel yang berjumlah 102 siswa sekolah dasar kelas 3 di
SDN Wiyung I/453 Surabaya dan orang tua/wali siswa
yang sesuai dengan kriteria inklusi. Data terkait pola asuh
orang tua didapatkan dari pengisian kuesioner yang diisi
oleh orang tua/wali siswa dan durasi penggunaan gadget
didapatkan dari pengisian kuesioner yang diisi oleh siswa.
Analisis bivariat pada penelitian ini menggunakan Uji Chi-
Square yang dibantu oleh SPSS 22 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan variabel pola asuh
orang tua terhadap hasil belajar PKn siswa (p-value 0,003),
variabel durasi penggunaan gadget terhadap hasil belajar
PKn siswa (p-value 0,001). Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh antara pola asu orang tua
dan durasi penggunaan gadget dengan hasil belajar PKn
siswa kelas 3 di SDN Wiyung I/453 Surabaya.
Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Durasi Penggunaan
Gadget, PKn
Civic Education is a subject that focuses on the formation
of citizens who understand and are able to carry out the
rights and obligations to become intelligent, skilled, and
characterful citizens mandated by Pancasila and
Constitution 45. The formation of characters in elementary
school-age children requires the role of parenting as a form
of interaction between parents and children through
treatment, attention, education, guidance, and discipline.
Children are those aged 6-14 years or called the intellectual
period, elementary school-age children are in a process
where towards maturity, their mindset tends to be open and
more receptive to new things that are innovative than
parents. In today's millennial era, technology is very
important to student learning outcomes. Gadgets are a
collection of electronic devices that are growing rapidly in
the era of globalization and have special features such as
smartphones, cameras, and laptops. The purpose of this
study was to determine the influence of parenting style and
the duration of gadget use on the learning outcomes of
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN students of SDNĀ Wiyung I / 453 Surabaya. The research method in this study
is quantitative correlational with cross sectional research
design. The subjects in this study were a large sample of 102
grade 3 elementary school students at SDN Wiyung I / 453
Surabaya and parents / guardians of students who met the
inclusion criteria. Data related to parenting patterns are
obtained from filling out questionnaires filled out by
parents/guardians of students and the duration of gadget
use is obtained from filling out questionnaires filled out by
students. Bivariate analysis in this study used the Chi-
Square Test assisted by SPSS 22 for windows.
The results of this study show the variable of parenting
style on student PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
learning outcomes (p-value 0.003), variable duration of
gadget use on student PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN learning outcomes (p-value
0.001). Thus, it can be concluded that there is influence
between parents' asu patterns and the duration of gadget
use with the learning outcomes of PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN grade 3 students at SDN Wiyung
I / 453 Surabaya.
Keywords: Parenting, Duration of Gadget Use, Civic
Education