Relationship Between Psychological Empowerment and Innovative Behavior of Teachers in Vocational High Schools
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara pemberdayaan psikologis dengan perilaku inovatif pada guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru di Sekolah Menengah Kejuruan X berjumlah 69 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu instrumen berupa skala ukur psikologis dari pemberdayaan psikologis dan perilaku inovatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji korelasi pearson product moment dengan menggunakan bantuan software SPSS 25.0 for windows. Hasil analisis data pada penelitian menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pemberdayaan psikologis dengan perilaku inovatif. Nilai koefisien korelasi yang didapatkan yaitu sebesar 0,663 (r=0,663) sehingga dapat diartikan bahwa hubungan antara pemberdayaan psikologis dengan perilaku inovatif pada guru termasuk dalam kategori kuat. Semakin tinggi nilai pemberdayaan psikologis, maka semakin tinggi pula perilaku inovatif yang ditampakkan oleh guru. Demikian pula sebaliknya, semakin rendah pemberdayan psikologis, maka akan semakin rendah pula perilaku inovatif pada guru.
This study aims to determine the relationship between psychological empowerment and innovative behavior in teachers at Vocational High Schools. This study uses a quantitative method with correlational analysis. The sample used in this research was 69 teachers at Vocational High School X. The sampling technique used is saturated samples. The data collection technique used in this research is an instrument in the form of a psychological measurement scale of psychological empowerment and innovative behavior. The data analysis used in this study was the Pearson product moment correlation test using SPSS 25.0 for windows software. The results of data analysis in the study showed a significance level of 0.000 (p <0.05), which means that there is a significant relationship between psychological empowerment and innovative behavior. The correlation coefficient value obtained was 0.663 (r=0.663) so that it can be interpreted that the relationship between psychological empowerment and innovative behavior in teachers is included in the strong category. The higher the psychological empowerment value, the higher the innovative behavior shown by the teacher. And vice versa, the lower the psychological empowerment, the lower the innovative behavior of the teacher.