ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BAGI SISWA TUNARUNGU
ANALYSIS OF COOPERATIVE LEARNING MODELS FOR STUDENTS WITH HEARING IMPAIRMENT
Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang dilaksanakan secara terstruktur, dan berkelompok dengan anggota terdiri dari dua orang atau lebih yang saling membantu serta berperan secara aktif dalam mencapai tujuan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif yang diterapkan kepada siswa tunarungu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif systematic review. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri jurnal elektronik melalui google cendekia. Dari penelusuran tersebut, diperoleh 10 hasil penelitian dari jurnal yang relevan untuk dianalisis. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa model pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa tunarungu dari yang terendah 29,68 % hingga tertinggi 94,73 % dengan rata-rata persentase sebesar 58,87 %.
Kata Kunci: systematic review, pembelajaran kooperatif, siswa tunarungu
Cooperative learning is a model that is implemented in a structured, and in groups with members consisting of two or more people who help each other an active role in achieving common goals. This study aims to analyze cooperative learning models that are applied to students with hearing impairment or deaf. The research method used in this study is a quantitative systematic review. Data Collection techniques are done by searching electronic journals through google scholar. From these searches, 10 relevant research results were obtained for analysis. Based on the results of the analysis found that the cooperative learning model can affect the learning outcomes of students with hearing impairment or deaf from the lowes 29,68 % to the highest 94,73% with an average percentage of 58,87 %.
Keywords: systematic review, cooperative learing, students with hearing impairment.