Perencanaa Ulang Gedung SMK 1 Sumenep
Redesign SMK 1 Sumenep's Hall
PERENCANAAN ULANG GEDUNG SMK 1 SUMENEP
Oleh: Habibur Risal
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Negeri 1 Sumenep, diperoleh data existing rombel pada sekolah SMK Negeri 1 Sumenep setiap tahunnya adalah 54 rombel. Sedangkan ruang unit/kelas yang tersedia saat ini hanya mampu menampung 42 rombel, sehingga SMK Negeri 1 Sumenep kekurangan ruang unit belajar sebanyak 12 kelas yang rencananya akan di bangun. Tujuan dari tugas akhir ini yaitu mengetahui gambar Prarancangan berupa arsitektur dan Struktur. Metode rekayasa yang digunakan pada penelitian ini adalah : 1) Metode yang digunakan, meliputi metode pengumpulan data dan metode deskriptif dan 2) Metode penyelesaian, yaitu diagram alur penyusunan tugas akhir. Pada bab Pembahasan diuraikan hasil gambar bangunan yang meliputi lokasi dan batas lahan, data existing, perhitungan kebutuhan luas ruangan, peletakan ruang, perhitungan preliminary design struktur balok, kolom, dan sloof , bentuk bangunan, dan hasil perancangan. Berdasarkan hasil perhitungan preliminary design struktur balok diperoleh data Balok memanjang lantai 2 dan 3 : 20 x 40 cm, Balok melintang lantai 2 dan 3 : 35 x 70 cm, Balok anak memanjang lantai 2 dan 3 : 15 x 30, Kolom lantai 1, 2, dan 3 : 50 x 40 cm, Sloof memanjang dan melintang : 25 x 50 cm. Untuk memenuhi kebutuhan ruang kelas, maka bentuk bangunan yang didesain adalah bangunan 3 lantai dengan masing-masing lantai memiliki 4 ruang kelas dan 2 kamar mandi.
Kata Kunci: Perencanaan ulang, Bangunan, Gambar
REDESIGN SMK 1 SUMENEP’S HALL
By: Habibur Risal
Based on observations in the SMK 1 Sumenep. If there is a number of existing rombel data at SMK 1 Sumenep every year there is 54 rombel, wheares units/classes are available at present to only 42 rombel, and SMK 1 Sumenep is available. SMK 1 Sumenep is short of 12 classes of study units that he's planning on going. The messenger of this final assignment are knows the prescriptive picture of arsitectur and structure. The engineering methods used in this study are 1) the methods used, including data collection methods and descriptive methods and 2) the completion method, which is the flow diagram for the final task. The discussion chapter Outlines the results of the picture is building over the location and extent of existing data, widespread room calculation, room laying, preliminary design for a colossal beam structure, and sloof, building form, and basil design. Preliminary design blocks obtained data from the blocks to manipulate floors 2 and 3: 20 x 40 cm (20 x 40 cm), crossbeams 2 and 3: 35 by 70 cm And 3: 50 by 40 cm. Sloof lengthened and crisscroped: 25 by 50 cm (6 in.) to meet classroom needs, so a building was designed to build 3 floors with 4 classrooms and 2 bathrooms each.
Key words: redesign of building, drawing