KAJIAN MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PADA SIMPANG EMPAT TAK BERSINYAL DI KABUPATEN GRESIK (STUDI KASUS PERSIMPANGAN JL.DARKUN-JL.MENGANTI-JL.PAHLAWAN MUBIN WONOKOYO
STUDY MANAGEMENT TRAFFIC ENGINEERING ON UNSIGNALIZED INTERSECTION IN GRESIK REGENCY (CASE STUDY INTERSECTION DARKUN STREET-MENGANTI STREET-PAHLAWAN MUBIN WONOKOYO STREET)
Abstrak
Simpang empat Jl.Darkun-Jl.Menganti-Jl.Pahlawan Mubin Wonokoyo merupakan persimpangan yang terletak di Kabupaten Gresik. Volume lalu lintas yang meningkat setiap tahunnya dan kapasitas yang kurang memadai mengakibatkan di simpang tersebut sering terjadi kemacetan, terutama pada jam sibuk. Ditambah lagi simpang tersebut merupakan jalur penghubung untuk masyarakat Surabaya dan Menganti yang ingin bekerja di Gresik Kota atau sebaliknya. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian yang dapat memberikan solusi untuk mengatasi kemacetan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja lalu lintas dengan mengetahui kapasitas persimpangan, derajat kejenuhan, dan tundaan pada simpang tersebut. Dalam menganalisa tingkat kinerja Simpang empat Jl.Darkun-Jl.Menganti-Jl.Pahlawan Mubin Wonokoyo dibutuhkan 2 jenis data, yaitu data primer dan data sekunder yang kemudian dihitung menggunakan metode MKJI 1997. Data lalu lintas diperoleh dari pencacahan jumlah kendaraan yang didapat dari lapangan selama 2 hari (Senin dan Sabtu) yang dilakukan pada jam 06.00 – 18.00 yang dibagi dengan 3 fase (pagi, siang, sore) yang masing – masing fase dilakukan selama 2 jam.
Hasil analisis kinerja simpang empat tak bersinyal Jl.Darkun-Jl.Menganti-Jl.Pahlawan Mubin Wonokoyo menunjukkan hasil yang kurang baik berdasarkan pedoman yang ada di Direktorat Jenderal Bina Marga (MKJI 1997). Kapasitas yang didapatkan adalah 3060,03 smp/jam, derajat kejenuhan sebesar 0,87, tundaan simpang sebesar 14,62 det/smp. Untuk memperbaiki simpang dibuat tiga alternatif yang sesuai kondisi simpang Jl.Darkun-Jl.Menganti-Jl.Pahlawan Mubin Wonokoyo. Alternatif I membuat perencanaan sendiri sedangkan alternatif II dan alternatif III mengambil dari 2 jurnal yang sudah dicari yang gunanya sebagai pembanding. Setelah melakukan perbandingan alternatif I yang dipilih dengan melakukan pelebaran jalan dan melakukan sistem jalan satu arah pada salah satu lengan simpang, karena mendapatkan hasil Kapasitas 3551,14 smp/jam, derajat kejenuhan sebesar 0,57, dan tundaan simpang sebesar 9,8 det/smp.
ABSTRACT
Intersection Darkun street-Menganti street-Pahlawan Mubin Wonokoyo street be intersection which located in Gresik Regency. Traffic volume that increased every year and capacity that less sufficient cause in intersection such often happen congestion, mainly during peak hours. Plus more intersection such be connecting path for the community Surabaya and Menganti who want to work in Gresik city or reverse. Therefore, the need for research that can provide solution to overcome congestion such.
This research purposed to know performance traffic with knowing the capacity intersection, degree saturation, and delay on intersection such. In analiyzing rate performance Intersection Darkun street-Menganti street-Pahlawan Mubin Wonokoyo, needed 2 type data, that is primary data and secondary data, that then calculated used method MKJI 1997. Traffic data obtained from enumeration amount vehicle that obtained from field for 2 days (Monday and Saturday) done at 06.00 – 18.00 that divided 3 phase (morning, noon, afternoon) that each phase done for 2 hours.
Analysis result performance intersection Darkun street-Menganti street-Pahlawan Mubin Wonokoyo street show the less result based guidelines that in the directorate general of highways (MKJI 1997). Capacity obtained 3060,03 smp/jam, degree saturation 0,87, delay on intersection 14,62 det/smp. For reapair intersection created 3 alternative that appropriate conditions intersection Darkun street-Menganti street-Pahlawan Mubin Wonokoyo Alternative I created my planning while alternative II and alternative III take from 2 journal that already searched that the use of comparison. After making comparison, alternative I selected by do widening of the road and make one way road system on one of arm intersection because get result capacity 3551,14 smp/jam, degree saturation 0,57, and delay on intersection 9,8 det/smp.
Keywords : Traffic Performance, Degree of Saturation, Congestion