Penggunaan Kode Respon Cepat dalam Aktivitas Membaca Siswa Sekolah Menengah Atas
The Use of Quick Responses Codes in Reading Activity for Senior High School Students
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan cara guru dalam mengimplementasikan penggunaan kode QR dalam aktivitas membaca siswa. 2) untuk mendeskripsikan respon dan tanggapan siswa mengenai penggunaan kode QR pada kegiatan membaca mereka.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui pembelajaran online menggunakan aplikasi skype video call. Subjek penelitian ini meliputi satu guru bahasa Inggris dan siswa kelas 1 SMA di Surabaya. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Observasi dan field notes digunakan untuk mendeskripsikan penggunaan kode QR dalam aktivitas membaca siswa. Sedangkan wawancara digunakan untuk mendeskripsikan tanggapan siswa mengenai pengguanaan kode QR pada kegiatan membaca mereka.
Hasil penelitian menunjukan kode QR efektif diterapkan dalam pengajaran membaca dengan langkah-langkah dan pendekatan yang benar. Selain itu, kode QR membantu siswa mendapatkan sumber materi lain dan mendapatkan lebih banyak penjelasan tentang materi yang mereka pelajari.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan Kode Respons Cepat dalam kegiatan membaca mereka karena kode tersebut membantu mereka dalam mendapatkan sumber lain dari materi yang mereka pelajari, dan siswa juga mendapatkan lebih banyak penjelasan tentang materi tersebut. Selain itu, penggunaan Kode Respons Cepat membantu siswa lebih mudah untuk mempelajari materi lebih lanjut karena kode yang tercantum dalam buku teks mereka mengirimkannya ke dalam tautan file yang berisi materi menarik seperti video YouTube yang terkait dengan materi bacaan dan file latihan. Siswa menyatakan bahwa membaca menggunakan kode Respons Cepat juga memiliki visualisasi yang lebih baik daripada buku teks.
The aims of this study is 1) to describe the way teacher implementing Quick Responses Codes in students’ reading activities. 2) to describe the students’ opinions toward the use of Quick Responses Codes in their reading activities.
The method used in this research was a qualitative method. This research was conducted through online learning using Skype Video Call application. The subjects of this study included one English teacher and students of tenth grade in Surabaya. The research instruments used was observation, field notes, and interviews. Observation and field notes were used to describe the use of Quick Responses Codes in students' reading activities. Meanwhile, interviews were used to describe students' responses regarding the use of Quick Responses Codes in their reading activities.
The results showed the Quick Responses Codes was effectively applied in teaching reading with the right steps and approaches. In addition, this code helps students get other material resources and get more explanation about the material they learned.
The conclusion of this research is the students give positive responses toward the implementation of using Quick Responses Codes in their reading activity because it helped them in getting another source of the material they learned also get more explanation of the material. In addition, the use of Quick Responses Codes helped students easier to learn more about the material because the barcodes listed in their textbook delivered them into the link contained the attractive material file like YouTube video that related to the reading material and exercise files. Students stated that reading using Quick Responses codes also had a good visualization rather than the textbook.