PENGARUH EFIKASI DIRI, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SEBAGAI MEDIASI PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 DRIYOREJO
The Effect of Self-Efficacy, Entrepreneurship Knowledge, and Achievement Motivation on Interest in Entrepreneurship as a Mediation in Class X Social Sciences SMA Negeri 1 Driyorejo
Faktor penyebab rendahnya tingkat presentase wirausahawan di Indonesia adalah masih rendahnya ketertarikan dari para lulusan lembaga pendidikan , tingkat sekolah, perguruan tinggi untuk menjadi seorang wirausaha. Namun, hal ini menjadi suatu permasalahan dikarenakan rendahnya minat anak muda Indonesia untuk berwirausaha, saat ini menjadi pemikiran yang serius berbagai pihak, antara lain pemerintah, pendidikan, industri dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model kesiapan berwirausaha dengan menghadirkan variabel motivasi berprestasi sebagai variabel intervening yang memediasi hubungan antara efikasi diri, pengetahuan kewirausahaan pada siswa kelas x ips di SMA Negeri 1 Driyorejo. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Dengan menggunakan proposional random sampling diperoleh 71 sampel, analisis statistik dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukan: (1) Efikasi diri berpengaruh terhadap motivasi berprestasi, (2) Efikasi diri berpengaruh terhadap minat bewirausah, (3) Pengetahuan kewirausahaan berpengaruh terhadap motivasi berprestasi, (4) Pengetahuan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha, (5) Motivasi berprestasi tidak dapat memediasi pengaruh minat berwirausaha.
Kata Kunci: Efikasi Diri, Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berprestasi, Minat Berwirausaha
The factor that causes the low percentage of entrepreneurs in Indonesia is the low interest of graduates from educational institutions, schools and universities to become entrepreneurs. However, this has become a problem due to the low interest of young Indonesians in entrepreneurship, which is currently a serious concern for various parties, including the government, education, industry and society.This study aims to test the entrepreneurial readiness model by presenting the achievement motivation variable as an intervening variable that mediates the relationship between self-efficacy, entrepreneurial knowledge in class x social studies students at SMA Negeri 1 Driyorejo. Collecting data by using a questionnaire. By using proportional random sampling obtained 71 samples, statistical analysis was carried out using Structural Equation Modeling (SEM). The results showed: (1) self-efficacy affects achievement motivation, (2) self-efficacy affects entrepreneurial interest, (3) entrepreneurial knowledge affects achievement motivation, (4) entrepreneurial knowledge affects entrepreneurial interest, (5) achievement motivation does not can mediate the influence of interest in entrepreneurship
Keywords: Self-Eficacy, Entrepreneurship Knowledge, Achievement Motivation, Interest in Entrepreneurship