Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan permainan Hydrocarbon Adventures yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Senyawa Hidrokarbon berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Namun, pada penelitian ini dibatasi sampai tahap Develop tepatnya pada uji coba pada skala kelompok kecil. Permainan diuji cobakan terhadap 20 siswa kelas XI MIA di SMAN Jogoroto Jombang. Validitas didapatkan dari hasil validasi, kepraktisan didapatkan dari hasil angket respon siswa dan hasil observasi aktivitas siswa, dan keefektifan didapatkan dari hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas permainan yang diperoleh mendapatkan persentase validitas sebesar 80-100% dengan nilai ≥3 pada setiap aspek yang dinilai, kepraktisan permainan mendapatkan interpretasi skor respon siswa sebesar 85-100% dan observasi aktivitas siswa mendapatkan persentase sebesar 75-100% pada setiap aspek yang dinilai, keefektifan yang diperoleh dari ketuntasan belajar secara individu dan klasikal sebesar 100%. Berdasarkan hasil terdebut, dapat disimpulkan bahwa permainan Hydrocarbon Adventures layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Senyawa Hidrokarbon kelas XI SMA.
Kata kunci: permainan Hydrocarbon Adventures, media pembelajaran, Senyawa Hidrokarbon
This research aims to produce Hydrocarbon Adventures game that are feasible to be used as learning media on the topic Hydrocarbon Compounds based on the validity, practicality and effectiveness of learning media. This type of research is development research using the ADDIE development design, namely Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate. However, this research is limited to the stage of Develop precisely in trials on a small group scale. The game was tested on 20 students of class XI MIA at SMAN Jogoroto Jombang. Validity obtained from the results of validation, practicality obtained from the results of student response questionnaires and observations of student activities, and effectiveness obtained from student learning outcomes. The results showed that the validity of the game obtained got a validity percentage of 80-100% with a value of ≥3 in each aspect assessed, the practicality of the game got an interpretation of the student's response score of 85-100% and observation of student activities got a percentage of 75-100% in every aspect assessed, effectiveness gained from completeness of learning individually and classically by 100%. Based on the results of the research, it can be concluded that the Hydrocarbon Adventures game is feasible of being used as a learning media on the topic Hydrocarbon Compounds of Class XI high school.
Keywords: Hydrocarbon Adventures game, learning media, Hydrocarbon Compounds