Salah satu kemampuan yang harus dikembangkan dalam diri anak adalah kemampuan motorik khususnya motorik halus. Anak kelompok B TK Tarbiyatul Wathon dalam kemampuan motorik halus masih perlu dikembangkan, hal ini dikarekan kurang tepatnya pembelajaran yang diberikan sehingga mempengaruhi kemampuan motorik halus anak. Agar kemampuan motorik, khususnya motorik halus anak kelompok B TK tarbiyatul wathon berkembang, salah satu cara yang tepat dilakukan yaitu dengan memberikan model pembelajaran sentra seni. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran sentra seni terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Tarbiyatul Wathon Dukuhtunggal Glagah Lamongan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperimental jenis non equivalent control group design yang terdapat kelompok yang diberi pre-test, treatment, dan post-test. Selain itu teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan teknik non participant.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mann Whithney U-Test yang menunjukkan hasil Uhitung < Utabel yakni 12<31, dengan demikian hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal tersebut membuktikan bahwa adanya penerapan model pembelajaran sentra seni terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Tarbiyatul Wathon Dukuhtunggal Glagah Lamongan, sehingga kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Tarbiyatul Wathon menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.
Kata kunci : model pembelajaran sentra seni, kemampuan motorik halus
One of the abilities that should be developed in children is the motor skills, especially fine motor. Child group B TK Tarbiyatul Wathon in fine motor skills still need to be developed, this is less precisely the lesson learned given that affects the fine motor skills of children. In order for motor skills, especially fine motor group B children TK Tarbiyatul Wathon developed, one of the right way to do is to provide a model of learning art center. The purpose of this study is to examine the presence or absence of the influence of learning model of art center on fine motor skills of children group B TK Tarbiyatul Wathon Dukuhtunggal Glagah Lamongan.
This research uses quantitative research type with Quasy Experimental research type non equivalent control group design in which there are groups that are given pre-test, treatment, and post-test. In addition, data collection techniques using observations with non-participant techniques.
The data analysis technique used in this study is Mann Whithney U-Test which shows the result Uhitung
Keywords: learning model of art center, fine motor ability