STUDI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI JOMBANG SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19
STUDY OF SELF-REGULATED LEARNING IN PUBLIC SENIOR HIGH SCHOOLS, JOMBANG DURING ONLINE LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC
Penelitian ini dilakukan guna mengetahui gambaran tentang kemandirian belajar siswa SMA Negeri di Jombang selama pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei menggunakan angket berupa kuisioner untuk proses pengambilan datanya. Hasil dari penelitian ini diperoleh melalui teknik analisis statistik deskriptif dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Excel dalam proses perhitungan datanya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMAN se-Kabupaten Jombang yang terdiri berasal dari 12 sekolah dengan total sampel yang diperoleh sejumlah 546 siswa. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa kemandirian belajar siswa SMAN di Jombang selama pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 berada dalam kategori sedang, yang berarti kemampuan mandiri belajar siswa sudahlah baik.
This research was conducted to find out an overview of self-regulated learning in public Senior High Schools, Jombang during online learning during the COVID-19 pandemic. This research use descriptive quantitative that using survey method then using questionnaire for the data collection process. The results of this research were obtained through descriptive statistical analysis technique using Microsoft Excel to calculate the data. The population of this research were all public senior high school students in Jombang consisting of 12 schools with a total sample of 546 students. This current research found that students’ self-regulated learning on public senior high school in Jombang during online learning during the COVID-19 pandemic were categorized as moderate, wich means that students’ self-regulated learning ability is good.