Pengembangan E-Modul Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Ips
Development Of E-Modules As An Effort To Increase Learning Outcomes In Economics Class XI Ips
Abstrak
Masalah pembelajaran ekonomi pada SMAN 1 Driyorejo adalah hasil belajar siswa XI IPS 4 di SMAN 1 Driyorejo pada mata pelajaran ekonomi di materi perdagangan internasioanal yang tuntas masih dibawah 50%. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan e-modul beranah kognitif yang digunakan sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Driyorejo Gresik. Model Penelitian pengembangan e-modul menggunakan metode penelitian 4D yang memiliki 4 tahap yakni tahap pertama pendefisian(define), tahap kedua perancangan (design), tahap ketiga pengembangan (develop) dan tahap terakhir penyebaran (dissemate). Subjek penelitian sebanyak 36 siswa kelas XI IPS 3. Hasil penelitian yakni terdapat kenaikan hasil belajar siswa. Hasil dari uji n-gain score mendapatkan nilai 0,44 berkategori sedang. E-modul ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Kata kunci: e-modul, hasil belajar siswa, perdagangan internasional
Abstract
The problem of learning economics at SMAN 1 Driyorejo is that the learning outcomes of XI IPS 4 students at SMAN 1 Driyorejo on economic subjects on international trade materials are still below 50%. The purpose of this study is to analyze the development of cognitive e-modules that are used as an effort to improve learning outcomes in economics subjects in class XI Social Sciences at SMAN 1 Driyorejo Gresik. The e-module development research model uses the 4D research method which has 4 stages, namely the first stage of definition, the second stage of design, the third stage of development and the last stage of dissemination. The research subjects were 36 students of class XI IPS 3. The results of the study were that there was an increase in student learning outcomes. The results of the n-gain score test get a value of 0.44 in the medium category. This e-module is expected to improve student learning outcomes
.
Keywords: e-module, student learning outcomes, international trade