PERSEPSI SISWA SMP TERHADAP PENGGUNAAN DICTOGLOSS UNTUK KEMAMPUAN MENDENGARKANNYA
JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENT’S PERCEPTION OF USING DICTOGLOSS FOR THEIR LISTENING ABILITY
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menyimak dan persepsi atau pendapat siswa kelas VIII-K SMPN 35 Surabaya pada teknik Dictogloss. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-K SMPN 35 Surabaya dengan menggunakan teknik Dictogloss untuk keefektifan dan keaktifan siswa dalam kegiatan menyimak dengan menggunakan teknik dictogloss.
Penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan tes dan observasi untuk mendapatkan hasil peningkatan menyimak dan persepsi atau pendapat siswa kelas VIII-K SMPN
35 Surabaya terhadap teknik Dictogloss untuk meningkatkan keterampilan menyimak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pembelajaran materi menyimak di kelas VIII-K SMPN 35 Surabaya ketika siswa diberikan teknik dictogloss. Selain itu, terungkap dari angket siswa dan lembar observasi siswa di VIII-K SMPN 35 Surabaya diberitahu bahwa teknik dictogloss cocok untuk siswa SMP. Alasannya agar siswa tidak bosan dan merasa tertantang ketika guru menerapkan teknik dictogloss pada bagian pembelajaran listeningnya.
This study aims to determine the increase in learning outcomes of listening and perceptions or opinions of students in class VIII-K SMPN 35 Surabaya on the Dictogloss technique. This research is a qualitative type of research with research subjects being class VIII-K students of SMPN 35 Surabaya using the Dictogloss technique for the effectiveness and activeness of students in listening activities using the dictogloss technique.
The author uses data collection methods by testing and observation to get the results of increasing listening and perceptions or opinions of class VIII-K SMPN 35 Surabaya on the Dictogloss technique to improve listening skills.
The research findings show that there is a significant increase in learning listening to material in class VIII-K SMPN 35 Surabaya when students get the dictogloss technique. Moreover, it is revealed from the student questionnaire and observation sheet that students in VIII-K SMPN 35 Surabaya were told that the dictogloss technique is suitable for junior high school students. The reason was that the students were not bored and felt challenged when the teacher implemented the dictogloss technique in their listening learning section.