PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TARI LENCIR KUNING DI MA DARUL MA’WA
KECAMATAN PLUMPANG KABUPATEN TUBAN
EXTRACURICULAR LEARNING OF YELLOW LENCIR DANCE IN MA DARUL MA'WA
Kegiatan ekstrakurikuler di MA Darul Ma’wa Kecamatan Plumpung Kabupaten Tuban yang paling banyak memperoleh kejuaraan dan prestasi adalah ekstrakurikuler seni tari. Sedangkan materi tari yang sering mengikuti lomba atau mengisi acara di kabupaten Tuban adalah Tari Lencir Kuning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler tari Lencir Kuning, mendiskripsikan metode pembelajaran yang digunakan guru dan mendeskripsikan hasil belajar ekstrakurikuler.
Penelitian kualitatif ini mengambil objek penelitian adalah pembelajaran ekstrakurikuler tari Lencir Kuning di Madrasah Aliyah Darul Ma’wa Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban dengan lokasi penelitian beralamat di Jl.K Chamim Yasin 033 Plandi Rejo Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62382. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yaitu dari pelatih ekstrakurikuler tari tentang pelaksanaan embelajaran dan data sekunder yang di dapat dai dokumen nilai hasil belajar peserta didik. Pengumpulan data penelitian melalui observasi langsung pada saat kegiatan ekstrakurikuler berlangsung, wawancara dilakukan dengan pelatih, serta dokumentasi foto saat kegiatan ekstrakurikuler seni tari berlangsung. Data dianalisis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam mencari validitas data, peneliti menggunakan teknik triangulasi data yaitu : 1) triangulasi teknik, 2) triangulasi sumber, 3) triangulasi waktu.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler tari di Madrasah Aliyah Negeri Darul Ma’wa Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban dilaksanakan sesuai komponen pembelajaran tentang tujuan, guru, peserta didik, metode, dan media. 2) Metode pembelajaran ekstrakurikuler Tari Lencir Kuning Di MA Darul Ma’wa adalah metode ceramah, demonstrasi, latihan bersama, dan praktikum. Metode ceramah digunakan untuk memberikan materi tentang dasar- dasar pengenalan properti tari. Metode demonstrasi dilakukan oleh pelatih yang secara langsung menarikan tari Lencir Kuning serta materi yang akan dipelajari oleh peserta didik. Metode latihan bersama bertujuan memperdalam dan menghafal keterampilan peserta didik dalam menarikan tarian Lencir Kuning. Metode praktikum dilaksanakan setiap menjelang akhir kegiatan ekstrakurikuler, bertujuan untuk mengecek setiap kelompok yang belum bisa mengikuti materi tari yang diberikan oleh pelatih. 3) Hasil Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Lencir Kuning Di MA Darul Ma’wa dilakukan melalui penilaian terhadap keaktifan peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari dengan cara penilaian formatif, penilaian sumatif, dan penilaian diagnostik.
Extracurricular activities in MA Darul Ma'wa, Plumpung Sub-District, Tuban District which gained the most championships and achievements were dance extracurricular activities. While dance material that often participates in competitions or fills events in Tuban regency is Yellow Lencir Dance. This study aims to describe the implementation of Lencir Kuning dance extracurricular learning, describe the learning methods used by teachers and describe extracurricular learning outcomes.
This qualitative research takes the object of research is extracurricular learning of Lencir Kuning dance in Madrasah Aliyah Darul Ma'wa Plumpang District Tuban Regency with the location of the research address at Jl.K Chamim Yasin 033 Plandi Rejo Plumpang District Tuban Regency, East Java 62382. The data source in this study consists of primary data, namely from dance extracurricular trainers about the implementation of learning and secondary data that can be obtained from the document the value of student learning outcomes. Collecting research data through direct observation when extracurricular activities take place, interviews are conducted with trainers, as well as photo documentation when dance extracurricular activities take place. Data were analyzed using data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. In searching for data validity, researchers used data triangulation techniques, namely: 1) triangulation technique, 2) source triangulation, 3) time triangulation.
The results of the study are as follows: 1) The implementation of dance extracurricular learning at the Darul Ma'wa State Madrasah Aliyah Plumpang District of Tuban is carried out according to the learning component of the objectives, teachers, students, methods, and media. 2) Extracurricular learning methods for Yellow Lencir Dance at MA Darul Ma'wa are lecture, demonstration, joint training and practicum methods. The lecture method is used to provide material about the basics of introducing dance properties. The demonstration method is carried out by the trainer who directly dances the Yellow Lencir dance and the material to be studied by students. The joint training method aims to deepen and memorize the skills of students in dancing the Yellow Lencir dance. The practicum method is carried out each towards the end of the extracurricular activities, aiming to check each group that has not been able to follow the dance material provided by the trainer. 3) Extracurricular Learning Outcomes of Yellow Lencir Dance at MA Darul Ma'wa is carried out through an assessment of the activeness of students in participating in dance extracurricular activities by means of formative assessment, summative assessment, and diagnostic assessment.