PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF
TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KETERAMPILAN
MENULIS HÀNZÌ SISWA KELAS
XI LINTAS MINAT SMA PEMBANGUNAN JAYA 2 SIDOARJO
Nama : Arani Rahmatika
NIM : 150207740 55
Jurusan :
Bahasa dan Sastra Mandarin
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Mintowati, M.Pd.
Tahun : 2020
Kata Kunci : metode kooperatif , Think Pair Share , menulis hànzì
Penelitian ini
membahas penggunaan Metode Think Pair
Share terhadap keterampilan menulis hànzì siswa kelas XI Lintas Minat SMA Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan penggunaan metode kooperatif tipe Think Pair Share terhadap
keterampilan menulis hànzì ,
mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode Think Pair Share terhadap
keterampilan menulis hànzì , dan
mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan metode Think Pair
Share terhadap keterampilan menulis hànzì siswa kelas XI Lintas Minat SMA Pembangunan Jaya 2
Sidoarjo .
Penelitian eksperime n ini menggunakan one-group pretest-posttest design .
Teknik dan instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik
observasi, teknik tes pretest-posttest ,
dan teknik angket. Data observasi dan data angket respon dianalisis menggunakan
teknik persentase, sedangkan data tes dianalisis dengan rumus uji t.
Setelah dilakukan analisis,
diperoleh hasil sebagai berikut: (1) proses penerapan metode Kooperatif tipe Think Pair Share berjalan baik. Hasil observasi
aktivitas guru di hari pertama mendapat persentase sebesar 74 % , sedangkan di hari kedua hasil persentase sebesar
89%. Hasil dari kedua pertemuan tesrsebut dalam skala Likert berada di kriteria
“baik” . Kemudian
h asil observasi aktivitas siswa di hari pertama mendapat persentase sebesar 85 % , sedangkan pada hari kedua mendapat hasil
persentase 92% dan termasuk pada kriteria sangat baik . (2) metode Kooperatif tipe Think Pair Share memberikan pengaruh positif
terhadap kemampuan menulis
hanzi bahasa Mandarin siswa. Hasil analisis data pretest dan posttest
diperoleh hasil uji t-signifikasi
dengan t-test = 26,2 dan db = 21.
Dengan melihat tabel taraf 5% (0,05) = 1,0 5 menunjukkan t-test lebih
besar daripada t-tabel (26 ,2 > 1,05). (3) pengunaan metode Kooperatif tipe Think Pair Share mendapatkan respon yang baik
dari siswa. Hasil analisis angket respon siswa yang terdiri atas sepuluh butir
pernyataan menghasilkan persentase berkisar antara 81%-100%.