Teks eksplanasi menjadi satu di antara beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Kemampuan menulis teks eksplanasi dapat meningkatkan kemampuan literasi dengan manfaat khusus siswa mampu menjelaskan sebab akibat suatu fenomena. Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) dipilih karena model pembelajaran ini berbasis kerja kelompok yang dapat meningkatkan rasa tanggung jawab, kepercayadirian, dan keakraban antar teman sehingga apabila diterapkan model berkelompok ini akan berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam literasi dan siswa akan bisa menulis teks eksplanasi secara baik karena saling bekerja sama dalam bertukar pikiran. Oleh karena itu, muncul hipotesis dengan tujuan mendeskripsikan pengaruh dan respons siswa dalam pembelajaran menulis Teks Eksplanasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngebel. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimen dengan metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel diambil untuk mengisi kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing berjumlah 31 siswa secara acak dengan melihat hasil nilai teks eksposisi yang setara. Penelitian dilakukan dengan melaksanakan tes awal dan tes akhir di kelas kontrol maupun eksperimen dan juga melihat respons siswa dengan cara penyebaran angket setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) di kelas eksperimen. Penelitian ini menguji hipotesis dengan uji T yang menunjukkan thitung tes akhir adalah 8,437 dengan ttabel 2000 sehingga thitung lebih besar dari ttabel yaitu 8,437>2000. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima sehingga penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngebel. Dan respons siswa terhadap pembelajaran ini dikategorikan sangat sesuai untuk penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan persentase 88,3% sedangkan sangat tinggi untuk kemampuan menulis teks eksplanasi dengan persentase 84,67%.
Explanation texts become one of several abilities that must be possessed by students. The ability to write explanatory texts can improve literacy skills with special benefits students are able to explain the cause and effect of a phenomenon. The Two Stay-Two Stray (TS-TS) type of cooperative learning model was chosen because this learning model is based on group work that can increase the sense of responsibility, trustworthiness, and intimacy between friends so that if applied this group model will affect the ability of students in literacy and students will be able to write explanatory texts well because they work together in exchanging ideas. Therefore, a hypothesis arises with the aim of describing the influence and response of students in learning to write Explanatory Text using the Two Stay-Two Stray (TS-TS) type of cooperative learning model in Class VIII students of SMP Negeri 1 Ngebel. This research is an experimental research with the method used is quantitative descriptive. Samples were taken to fill the control class and the experimental class each amounted to 31 students randomly by looking at the results of the equivalent exposition text values. The study was conducted by carrying out the initial test and final test in the control class and experiment and also see students' responses by distributing questionnaires after applying the Two Stay-Two Stray cooperative learning model in the experimental class. This study tested the hypothesis with a T test that showed the final test tcount was 8.437 with ttable 2000 so that tcount was greater than ttable namely 8.437> 2000. Therefore, it can be concluded that Ha is accepted so that the application of the Two Stay-Two Stray (TS-TS) type of cooperative learning model has a significant effect on the ability to write explanatory texts for eighth grade students of SMP Negeri 1 Ngebel. And the response of students to learning is categorized very suitable for the application of the Two Stay Two Stray cooperative learning model with a percentage of 88.3% while very high for the ability to write explanatory texts with a percentage of 84.67%.