Abstrak
Penelitian ini memaparkan tentang novel Roman Picisan karya Eddy D.Iskandar yang dialihwahanakan oleh sutradara Adisoerya Abdy dengan judul film Roman Picisan (1980) dan novel Roman Picisan karya Eddy D.islandar dialihwahanakan kembali pada tahun 2018 oleh sutradara Monty Tiwa dengan judul Rompis, bahwa dari novel yang sama kedua film tersebut terdapat perbedaan yang dilatar belakangi oleh estetika resepsi masing-masing pembaca (sutradara). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbandingan proses estetika resepsi berupa pengalaman pembaca, horizon harapan, jarak estetik, semangat zaman, rangkaian sastra, perspektif diakronik-sinkronik, dan sejarah sastra umum dari satu novel ke dalam versi film yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi kepustakaan dan simak catat, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif komparatif dan metode hermeutika. Sementara itu, teori yang digunakan untuk mengkaji adalah teori struktur naratif Seymour Chatman guna menganalisis kernels dan satellite yang membangun cerita, kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan ekranisasi seperti penciutan, penambahan, dan perubahan variasi guna mengetahui proses terjadinya proses penciutan, penambahan, dan perubahan variasi yang terdapat pada film Roman Picisan (1980) karya Adisoerya Abdy dengan film Rompis (2018) karya Monty Tiwa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Roman Picisan (1980) karya Adisoerya Abdy memiliki 67 kernels, sementara film Rompis (2018) karya Monty Tiwa memiliki 72 kernels. Meski diadaptasi dari satu novel yang sama, dua film tersebut mengalami proses ekranisasi yang berbeda. Film Rompis (2018) mengalami lebih banyak penciutan disebabkan durasi yang terbatas dan peristiwa-peristiwa yang tidak dapat ditayangkan untuk masa sekarang serta banyak mengalami proses penambahan sebagai inovasi yang dilakukan pembaca (sutradara), sementara film Roman Picisan (1980) mengalami penciutan lebih sedikit disebabkan adanya keterbatasan durasi waktu. Kemudian hasil tersebut dianalisis dengan tujuh tesis Jauss guna menjawab estetika resepsi pembaca (sutradara) dalam memahami novel sebagai bahan film, hasil tersebut menunjukkan bahwa pada film Roman Picisan (1980) lebih memiliki kemiripan serta kesesuaian adegan pada cerita berdasarkan novel Roman Picisan karya Eddy D.Iskandar, sementara pada film Rompis (2018) karya Monty Tiwa banyak melakukan pembaruan serta penyangkalan-penyangkalan beberapa adegan di luar isi novel Roman Picisan karya Eddy D.Iskandar.
Kata kunci: estetika resepsi, ekranisasi, novel, film.
Abstract
The research to describes the Roman Picisan novel by Eddy D.Iskandar which was supervised by director Adisoerya Abdy with the film tittle Roman Picisan (1980) and the Roman Picisan novel by Eddy D.Iskandar was resubmitted back in (2018) by director Monty Tiwa with the tittle Rompis, that from the same novel of the two films there are differences which are motivated by thye reception aesthetics of each reader (director). The research aims to describe the comparison of reception aesthetic processes in the form of reader experience, expectation horizons, aesthetic distance, the spirit of the times, literary series, diachronic-synchronic perspectives, and general literary history from one novel into different film versions. This research is a qualitative research with an pragmatic approach. Method of collecting data in this research used the literature study and note-taking technique, while the data analysis technique used the comparative descriptive method and the hermeneutic’s method. Meanwhile, the theory used in this research is Seymour Chatman's narrative structure theory to analyze kernels and satellites that build stories, then an analysis is carried out using ecranisation such as shrinking, adding, and changing variations to determine the process of the shrinking, adding, and changing variations that found in the Roman Picisan’s film (1980) by Adisoerya Abdy with the Rompis’s film (2018) by Monty Tiwa. The results showed that the Roman Picisan’s film (1980) by Adisoerya Abdy had 67 kernels, while the Rompis’s film (2018) by Monty Tiwa had 72 kernels. Although adapted from the same novel, the two films underwent a different ecranisation process. The Rompis’s film (2018) experienced more shortages due to limited duration and events that cannot be aired for the present and experienced many additions as an innovation by the reader (director), while the Roman Picisan’s film (1980) experienced less shrinkage due to there is a limited duration of time. Then the results were analyzed with Jauss’s seven theses to answer the aesthetics of the reception of the reader (director) in understanding the novel as film material, these results indicate that the Roman Picisan’s film (1980) has more similarity and suitability of scenes in the story based on the Roman Picisan’s novel by Eddy D. Iskandar, while in the Rompis’s film (2018) by Monty Tiwa made many updates and denials of some scenes outside the contents of the Roman Picisan’s novel by Eddy D.Iskandar.
Keywords: reception aesthetics, ecranisation, novel, film.