Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan mengenal bentuk geometri anak dalam hal menyebutkan, menunjukkan, dan mengelompokkan bentuk geometri lingkaran, segitiga dan persegi. Hal ini dikarenakan guru kelas mengenalkan bentuk geometri sehari 10 macam bentuk geometri. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh permainan ulat bangun datar terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A di TK Taman Ceria Airdas Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group design. Subyek penelitian penelitian adalah anak kelompok A di TK Taman Ceria Airdas Surabaya yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji data statistik non-parametik yaitu Mann-Whitney U-Test dengan program SPSS versi 23.0 for windows.
Hasil analisis data uji Mann-Whitney U-Test menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2 tailed) yaitu sebesar 0,002, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji Mann-Whitney U-Test dengan taraf signifikansi atau Asymp. Sig. (2 tailed) 0,002 lebih kecil dari 0,05 menunjukkan terdapat perbedaan signifikansi antara hasil kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terbukti adanya pengaruh permainan ulat bangun datar terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak di TK Taman Ceria Airdas Surabaya.
This research is motivated by the lack of ability to recognize the geometric shapes of children in terms of mentioning, showing, and grouping geometric shapes of circles, triangles and squares. This is because the class teacher introduces geometry shapes in 10 kinds of geometry. This study aims to prove the presence or absence of the influence of flat-worm play on the ability to recognize the geometrical shapes of children in group A at Taman Ceria Airdas Surabaya. This research uses a quantitative research approach with a quasi-experimental type of research with a nonequivalent pretest-posttest control group design. The research subjects were group A children in the Taman Ceria Airdas Surabaya Kindergarten, totaling 30 children. Data collection techniques using observation. The data analysis technique uses non-parametric statistical data test namely Mann-Whitney U-Test with SPSS program version 23.0 for windows. The results of the Mann-Whitney U-Test test data analysis show the Asymp value. Sig. (2 tailed) that is equal to 0.002, then according to the basic decision-making of the Mann-Whitney U-Test with a significance level or Asymp. Sig. (2 tailed) 0.002 less than 0.05 indicates that there is a significant difference between the results of the experimental group and the control group with the experimental group higher than the control group. The results of the study concluded that there was evidence of the influence of flat-worm play on the ability to recognize the geometric shapes of children in kindergarten Taman Ceria Airdas Surabaya.