DEVELOPMENT OF ANDROID-BASED LEARNING MEDIA ON OPERATIONS OF INTEGERS
Berlangsungnya proses digitalisasi pendidikan menjadikan pemanfaatan teknologi dalam pengembangan media pembelajaran sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan media pembelajaran dengan model ADDIE dan mengetahui kevalidan serta kepraktisan media tersebut. Materi yang dipilih adalah Operasi Hitung Bilangan Bulat karena menjadi prasyarat bagi banyak materi matematika lainnya. Subjek penelitian ini adalah 9 siswa kelas VII SMP Negeri 5 Jombang karena di sekolah tersebut siswa belum pernah menggunakan media pembelajaran matematika berbasis Android. Subjek penelitian terdiri dari tiga kategori siswa berkemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi untuk mengetahui apakah mereka dapat memahami penyajian materi pada media sehingga mampu mencapai ketuntasan belajarnya. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan meliputi: 1) Media pembelajaran yang sudah dikembangkan diberi nama Math Moist yang berbasis Android; 2) Media memenuhi kategori sangat valid berdasarkan hasil validasi media dan materi dengan presentase kevalidan 83.541%; 3) Media memenuhi kategori sangat praktis berdasarkan perolehan skor angket respon siswa dengan presentase kepraktisan 88.7301%; 4) Berdasarkan perolehan nilai tes hasil belajar, 8 dari 9 subjek penelitian tuntas belajar setelah menggunakan media yang telah dikembangkan.
Kata Kunci : pengembangan, media, android, ADDIE, bilangan bulat.
The ongoing digitalizing education makes the use of technology is necessary to develop the learning media. Therefore, this research describes the development process of android-based learning media with the ADDIE model and find out the validity and practicality of it. The material is operations of integers because it’s a prerequisite for many other mathematics material. The research subjects were nine 7th-grade students in SMPN 5 Jombang since they had never been given the kind of math learning media based on Android in that school. They were consist of three categories of low, medium, and high mathematical ability to determine whether all types of students can understand the presence of media to achieve their complete learning. The data analyzed using qualitative descriptive and quantitative data analysis techniques. The result of this research and development are : 1) The Android-based learning media called Math Moist; 2) The learning media is very valid based on the results of media and material validation with a validity percentage of 83.541%; 3) The media is very practical based on the student's response questionnaire scores, with a percentage of practicality is 88.7301%; 4) Based on the result of learning outcomes test scores, 8 of the 9 research subjects have completed learning after using media.
Keywords : development, media, android-based, ADDIE, integer.