PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN ENDED DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
STUDENT’S THINKING PROCESS TO SOLVE OPEN ENDED PROBLEM BASED ON MATHEMATICAL ABILITY
Kemampuan menyelesaikan masalah merupakan hal yang penting. Salah satu usaha guru untuk membantu siswa dalam menyelesaikan masalah adalah dengan mengetahui proses berpikirnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah open ditinjau dari kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII SMP N 1 Jatirogo yang terdiri dari siswa dengan jenis kelamin perempuan, berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah yang telah melakukan pembelajaran materi pola bilangan secara daring. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan matematika, tes masalah open ended dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi memenuhi semua indikator proses berpikir, siswa dengan kemampuan matematika sedang pada tahapan memahami masalah tidak melakukan proses berpikir membuat argumen, pada tahapan menyusun rencana penyelesaian tidak melakukan proses berpikir mempertimbangkan, pada tahapan memeriksa hasil tidak melakukan proses berpikir membuat argumen. Siswa dengan kemampuan matematika rendah pada tahapan memahami masalah tidak melakukan proses berpikir mengingat dan membuat argumen, pada tahapan menyusun rencana penyelesaian tidak melakukan proses berpikir mempertimbangkan, pada tahapan memeriksa hasil tidak melakukan proses berpikir mempertimbangkan dan membuat argumen. Siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, rendah memiliki perbedaan proses berpikir, sehingga kemampuan matematika mempengaruhi proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah. Untuk peneliti lain yang ingin melakukan penelitian serupa, diharapkan untuk melakukan penelitian dengan subjek berfariasi, dan menggunakan masalah selain masalah open ended.
Kata Kunci: proses berpikir, menyelesaikan masalah, open ended, kemampuan matematika.
The ability to solve a problem is important. One of the teacher’s effort to assist students in solving problems is knowing their thinking process. This study aims to describe the Student’s thinking process in solving open ended problems based on mathematical abilities. This research was descriptive with a qualitative approach. The subjects of this research were three students in SMP N 1 Jatirogo in eight grade that consist of female students with high, medium, and low mathematical abilities that had online learning. The research instrument that be used was a mathematical ability test, an open ended problem test and interview guideline. This result of this study was student with high mathematical abilities meet all the indicators of thinking process. student with medium mathematical ability at understanding the problem didn’t do the making arguments thinking process, at device a plan stage didn’t do consider thinking process, at looking back stage didn’t do making argument thinking process. student with low mathematical ability at understanding problem didn’t do remembering thinking process, at device a plan stage didn’t do consider thinking process, at looking back stage didn’t do consider thinking process and make a argument. students with high, medium, and low mathematical ability had different thinking process, so mathematical ability was affected the student’s thinking process in solving a problems. For other researchers who want to carry out with similar research, they should conduct their research with varied subjects and use another problem.
Key word: thinking process, solving a problem, open ended, mathematical ability.