ABSTRAK
PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDESAIN BUSANA CUSTOM
MADE DI KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 3 PROBOLINGGO
Nama Penulis :
Feby Yunmala Sari
Judul Skripsi :
Penerapan Model Pembelajaran Project
Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendesain Busana Custom Made Di Kelas XI Tata Busana SMK Negeri
3 Probolinggo
Jenis Laporan :
Skripsi
Nama Kota :
Surabaya
Fakultas :
Teknik
Tahun :
2023
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran, respon
peserta didik, hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model
pembelajaran Project Based Learning .
Penelitian
ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan di SMK Negeri 3 Probolinggo pada tahun pelajaran 2022/2023, pada capain
pembelajaran mendesain busana custom
made. Subjek penelitian ini yaitu 28 peserta
didik kelas XI Tata Busana 3 . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan
rubrik penilaian praktik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian membuktikan
bahwa Model pembelajaran Project based Learning
memiliki kemampuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, baik secara individu atau kelompok. Oleh karena itu, model
pembelajaran project based learning dapat
diterapkan pada kurikulum merdeka, mata pelajaran desain dan produksi busana,
elemen gaya dan pengembangan desain pada capaian pembelajaran mendesain busana custom
made berupa blazer.
Kata Kunci : Model
pembelajaran project based learning , Respon,
Hasil belajar, Keterampilan mendesain.