PENGARUH MODIFIKASI MEDIA KARDUS TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN TENDANGAN T PENCAK SILAT PADA SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA
Nama : Muhammad Khalil
NIM : 15060464148
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani,Kesehatan dan Rekreasi
Jurusan : Pendidikan Olahraga
Fakultas : Fakultas Ilmu Olahraga
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Hamdani, S.pd.,M.Pd.
ABSTRAK
Presentase hasil Pengaruh Modifikasi Media Kardus Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Tendangan T Pencak Silat pada Siswa Kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya masih rendah, khususnya dalam tendangan T pencak silat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Modifikasi Media Kardus Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Tendangan T Pencak Silat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan menggunakan prinsip One group pree test post test design. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MM 1 yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 32 siswa putra dan 2 putri. Instrument yang digunakan adalah instrument penilaian tendangan T pencak silat. Teknik pengumpulan data adalah dengan pre-test dan pos-test kemampuan tengan T pencak silat. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda mean pre-test dan uji beda mean post-test kemampuan tendangan T pencak silat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada Pengaruh Modifikasi Media Kardus Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Tendangan T Pencak Silat pada Siswa Kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t, taraf signifikan 0,05 dengan nilai t test 7,201 > t-tabel 1.697, yang menunjukkan hipotesis alternative diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada Pengaruh Modifikasi Media Kardus Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Tendangan T Pencak Silat pada Siswa Kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Nilai rata-rata post-test sebesar 67,41 > 59,26 nilai rata-rata pre-test. Terbukti dengan adanya perhitungan presentase peningkatan sebesar 14 %
Kata Kunci : Modifikasi media kardus, hasil belajar, tendangan T pencak silat
THE EFFECT OF USING CARDBOARD MEDIA MODIFICATION ON T KICK SKILL AS THE LEARNING OUTCOMES IN XI GRADERS OF VOCATIONAL MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA
NamaLembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Hamdani, S.pd.,M.Pd
ABSTRACT
The percentage of cardboard media modification using on the T kick skill of Pencak Silat in XI graders of Vocational High School Muhammadiyah 2 Surabaya was low, especially T kick skill in Pencak Silat. This study aims to find the effect of cardboard media modification using on T kick skill as the learning outcomes. The research methodology was quasi experiment which used one group pre-post test design. The subject were 34 students from XI MM 1 class which consist of 32 male students and 2 female students. The research instrument was T kick instrument of assessment of Pencak Silat. The researcher collected the data by using pre-test and post-test of T kick skill in Pencak Silat. In analysing the data, the researcher compared the result of mean pre-test and mean post-test of T kick skill in Pencak Silat. The result of the study shows there is an effect of cardboard media modification on T kick skill of Pencak Silat in XI graders of Vocational High School Muhammadiyah 2 Surabaya. It can be shown on the result of T-test with significant score 0,05. The result of T-test was 7,201 > T-table 1.697, it means the alternative hypothesis was accepted. The average score of post-test was higher than pre-test (67,41 > 59,26). Those post-test score increased become 14%. Thus, using carboard media modification on T kick skill of Pencak Silat has an effect on XI graders of Vocational High School Muhammadiyah 2 Surabaya.
Keyboard : Modification of Cardboard Media, Learning Outcomes, T kick of Pencak Silat