Penggunaan Strategi Komunikasi Siswa pada Lintas Pembelajaran Berbasis Penugasan dalam Pelaksanaan Berbicara Bahasa Inggris.
EFL Learners' Use of Communication Strategies across Task-Based Speaking Performance.
ABSTRAK
Saidah, Novia Rina. 2021. Penggunaan Strategi Komunikasi Siswa pada Lintas Pembelajaran Berbasis Penugasan dalam Pelaksanaan Berbicara Bahasa Inggris. Tesis. Program Studi Bahasa dan Sastra, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: Ahmad Munir, Ph.D. dan Syafi’ul Anam, Ph.D.
Kata Kunci: strategi komunikasi, pembelajaran berbasis tugas, berbicara, debat, presentasi, kursus bahasa Inggris.
Penelitian ini berfokus pada penyelidikan penggunaan strategi komunikasi di seluruh pembelajaran berbicara berbasis tugas yaitu debat dan presentasi. Ada tiga pertanyaan penelitian, sebagai berikut: Bagaimana siswa menggunakan strategi komunikasi untuk mengatasi masalah komunikasi mereka dalam kegiatan debat? Bagaimana siswa menggunakan strategi komunikasi untuk mengatasi masalah komunikasi mereka dalam kegiatan presentasi? Mengapa siswa menggunakan jenis strategi komunikasi tertentu dalam kegiatan debat dan presentasi?.
Penelitian ini dilakukan di salah satu kursus bahasa Inggris di Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah 10 siswa tingkat “Intermediate” tahun ajaran 2020. Peneliti melakukan empat kali observasi. Dua kali pertemuan untuk kegiatan debat dan dua kali pertemuan untuk kegiatan presentasi guna memperoleh data untuk menjawab pertanyaan penelitian dengan menggunakan tipologi Dornyei. Data penelitian ini berupa percakapan dan gerak tubuh siswa yang direkam oleh peneliti dalam video recorder. Peneliti juga menggunakan catatan lapangan untuk menuliskan hal-hal penting yang terjadi selama observasi. Selain itu, untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam terkait dengan pertanyaan penelitian nomor tiga, dilakukan wawancara semi terstruktur dengan pedoman wawancara. Selain itu, dilakukan stimulasi recall untuk mendukung proses wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa silabus kursus tersebut secara langsung menyatakan bahwa debat dan presentasi sebagai tujuan utama dan TBLT dilakukan secara menyeluruh dalam proses pembelajaran. Dalam debat, ditemukan bahwa siswa lebih banyak mengalami masalah komunikasi karena mereka harus menanggapi suatu argumen, mengemukakan pendapat, setuju, atau tidak setuju terkait dengan isu yang sedang hangat. Sedangkan pada kegiatan presentasi, siswa kurang mengalami kendala komunikasi karena tuntutan aktifitas yang lebih mudah. Jadi, kuantitas strategi komunikasi yang digunakan tidak sebanyak dalam kegiatan debat. Singkatnya, siswa menggunakan ketiga strategi komunikasi yaitu penghindaran, pencapaian, dan mengulur-ulur waktu selama kegiatan berbicara. Siswa menggunakan 14 dari 14 fitur dalam debat dan 13 dari 14 fitur dalam presentasi. Ditemukan 40 ujaran yang terdiri dari 92 strategi digunakan selama debat dan 36 ujaran dan muncul 80 strategi komunikasi digunakan dalam presentasi. Selain itu, ada perbedaan cara dan alasan siswa untuk menggunakan strategi komunikasi tertentu seperti tingkat kemahiran, lingkungan belajar, sumber masalah atau tuntutan tugas, kepribadian, persepsi dan motivasi.
Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk mengajarkan strategi komunikasi kepada siswa dan diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi bagi peneliti masa depan yang akan melakukan penelitian tentang hal itu dalam kegiatan berbicara dan bidang pengajaran yang berbeda.
ABSTRACT
Saidah, Novia Rina. 2021. EFL Learners' Use of Communication Strategies across Task-Based Speaking Performance. Thesis. Language and Literature Study Program, Postgraduate Program of State University of Surabaya. Supervisor: Ahmad Munir, Ph.D. and Syafi’ul Anam, Ph.D.
Keywords: communication strategy, task-based learning, speaking performance, debate, presentation, English course.
The research focused on the investigation of the use of communication strategies across task-based spaking perormance i.e. debate and presentation. There are three research questions in this research, as follow: How do students employ communication strategies to overcome their communication problems in debate activities? How do students employ communication strategies to overcome their communication problems in presentation activities? Why do students employ certain types of communication strategies in debate and presentation activities?.
This research was done in one of English course in Sidoarjo. This study used descriptive qualitative research. The subjects of this study are 10 students of the Intermediate level academic year 2020. The researcher was done four observations in two meetings for debate activities and two meetings for presentation activities to obtain the data to answer the research questions and used Dornyei’s typology. The data of this research were in the form of students’ conversation and gestures which recorded by the researcher in the video recorder. The researcher also used field note to write important thing which happened during the observations. Moreover, to gain deeper information related to research question number three, a semi-structured interview was conducted with the interview guideline. In addition, stimulated recall was conducted to support the interview process.
The result shows that the course syllabus directly stated that debate and presentation as the main aim and TBLT was done thoroughly in the learning process. In the debate, it can be found that students experienced more communication problems since they were expected to be able to respond to an argument, expressing opinion, agreeing, or disagreeing related to the current issues. Meanwhile, in the presentation activities, students experienced less communication problems because of the easier aim. So, the quantity of the communication strategy used was not as many as in the debate activities. In short, students employed all the three communication strategies i.e. avoidance, achievement, and stalling strategies during the performance. Students utilized 14 out of 14 features in debate and 13 out of 14 features in presentation. Furthermore, it was found 40 utterances occuring 92 strategies used during the debate and 36 utterances occuring 80 communication strategies used in presentation. Moreover, the way and reason for students to use the communication strategies were differ involving proficiency level, learning environment, problem source or task demand, and personality, perception and motivation.
Therefore, it is recommended for the teachers to teach communication strategies to the students and this research can be as reference for the future researchers who are going to conduct a research about it in different speaking performance and area of teaching.