PENGARUH PEMBERIAN PERMAINAN AIR TERHADAPHASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS
THE EFFECT OF PROVIDING WATER GAMES ON LEARNINGOUTCOMES OF FREESTYLE SWIMMING
ABSTRAKPENGARUH PEMBERIAN PERMAINAN AIR TERHADAP HASILBELAJAR RENANG GAYA BEBAS(STUDI PADA SISWA KELAS V SDN MEDOKAN AYU II/615SURABAYA)
Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di sekolahdasar merupakan pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaranrenang sekolah dasar perlu adanya variasi permainan agar siswa tidakbosan mengikuti pembelajaran salah satu bentuknya adalah permainanair adalah suatu bentuk permainan kecil dibuat dengan aturan tertentuagar bisa menerapkan permainan tanpa menghilangkan prosespembelajaran renang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh pemberian permainan menjaring ikan, gerobak air, mengambilgelang, mencari harta karun terhadap hasil belajar renang gaya gayabebas. Populasi ada 3 kelas V/A, V/B, dan V/C dengan jumlah 110.Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V/B dengan jumlah 22 orangsiswa pretest dan renang gaya bebas metode pengumpulan datamenggunakan instrumen dari tes keterampilan renang gaya bebas bukuguru aktif berolahraga pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelasIV SD/MI halaman 203-205. Hasil penelitian ini menggunakan analisisdata SPSS menunjukan bahwa hasil pretest 1.593 dan posttest 1.788ditemukan selisih nilai sebesar 195 dengan signifikan 0,000 < 0,05 makadapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan pengaruhpemberian permainan air terhadap hasil belajar renang gaya bebas. Akibatperlakuan treatment permainan air, pengenalan air dan pembelajaranrenang gaya bebas yang mendukung signifikansi peningkatan hasilbelajar renang gaya bebas. Berdasarkan nilai mean terdapat peningkatansebesar 11,50% dibuktikan dengan hasil belajar renang gaya bebas.Kata Kuci: Permainan air, Pengenalan air, Hasil belajar
ABSTRACTTHE EFFECT OF PROVIDING WATER GAMES ON LEARNINGOUTCOMES OF FREESTYLE SWIMMING(STUDY ON GRADE V STUDENTS OF MEDOKAN AYU II/615SURABAYA)
Physical Education Sports and Health learning in elementary school is a funlearning. Elementary school swimming lessons need a variety of games so thatstudents are not bored following the lesson, one form is water games, whichare a form of small games made with certain rules in order to apply the gamewithout eliminating the swimming learning process. The purpose of this studywas to determine the effect of providing games of fishing, water carts, takingbracelets, looking for treasure on learning outcomes in freestyle swimming.The population was 3 classes V / A, V / B, and V / C with a total of 110. Thesample of this study was class V / B students with a total of 22 students pretestand freestyle swimming data collection methods using instruments from thefreestyle swimming skills test of the teacher's book actively exercising physicaleducation sports and health class IV SD / MI pages 203-205 The results of thisstudy using SPSS data analysis show that the results of the pretest 1,593 andposttest 1,788 found a difference in value of 195 with a significant 0.000 <0.05,it can be stated that there is a significant effect of the effect of giving watergames on freestyle swimming learning outcomes. As a result of the treatmentof water games, water introduction and learning freestyle swimming whichsupports the significance of improving freestyle swimming learning outcomes.Based on the mean value there is an increase of 11,50% as evidenced by thelearning outcomes of freestyle swimming.Keyword: Water play, Water recognition, Learning outcomes