ANALISIS TINGKAT PENGGUNAAN DERMAGA DI TERMINAL BERLIAN PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA
ANALYSIS OF BERTH OCCUPANCY RATIO AT BERLIAN TERMINAL TANJUNG PERAK PORT SURABAYA
Terminal Berlian sebagai operator pelabuhan dipercaya menangani kegiatan bongkar dan muat peti kemas domestik pada Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, disamping menangani kegiatan penunjang lainnya yang berhubungan dengan jasa kepelabuhanan. Keberadaan Terminal Berlian sangatlah penting untuk kemajuan aktivitas perekonomian dalam beberapa tahun kedepan, pengangkutan barang melalui peti kemas sekarang dinalai sangat efektif dikarenakan kemudahan dalam melakukan bongkar dan muat di pelabuhanPerhitungan terhadap nilai BOR (Berth Occupancy Ratio), prediksi arus kapal dan arus barang peti kemas dengan menggunakan analisis regresi. Hasil analisis yang diperoleh untuk arus kapal pada tahun 2019 berjumlah 2702 unit dan tahun 2029 berjumlah 2817 unit. Untuk arus barang peti kemas pada tahun 2019 berjumlah 1324429 TEUs/tahun dan tahun 2029 berjumlah 2715779 TEUs/tahun. BOR pada tahun 2019 bernilai 36.08% dikategorikan baik dan pada tahun 2029 bernilai 74,01% dikategorikan kurang baik. Penggunaannya batas nilai wajar dan dapat dikatakan bahwa pada tahun 2029 mendatang perlu adanya penambahan perbaikan-perbaikan unruk meminimalkan nilai tinggkat penggunaan dermaga. Pada skenario 1 mengubah jumlah tambatan dari 8 menjadi 10 tambatan penurunan nilai BOR atau tingkat penggunaan dermaga skenario 1 (satu) pada tahun 2029 sebesar 59% berdampak lebih kecil dari nilai BOR proyeksi sebesar 74%. skenario 2 meminimalkan jumlah waktu pelayanan tambat kapal di dermaga, pada tahun 2029 sebesar 51% berdampak lebih kecil dari nilai BOR proyeksi sebesar 74%. Skenario 3 menggabungkan jumlah tambatan dan waktu pelayanan, pada tahun 2029 sebesar 40% berdampak lebih kecil dari nilai BOR proyeksi sebesar 74%. Tercapainya standarisasi pelabuhan kurang dari 70% yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jendral Perhubungan Laut nomor UM.002/38/DJM.11.
Kata Kunci : Pelabuhan, Nilai BOR, Proyeksi
The Berlian Terminal as a port operator is believed to handle domestic container loading and unloading activities at the Tanjung Perak Port of Surabaya, in addition to handling other supporting activities related to port services. The existence of the Berlian Terminal is very important for the progress of economic activity in the next few years, the transportation of goods through containers is now considered to be very effective due to the ease of loading and unloading at the port. Calculation value of BOR (Berth Occupancy Ratio), prediction of ship flow, and container goods flow using regression analysis. The analysis results obtained for ship flow in 2019 amounted to 2.702 units and in 2029 totaled 2.817 units. the flow of container goods in 2019 amounted to 1.324.429 TEUs / year and in 2029 there were 2.715.779 TEUs / year. BOR in 2019 with a value of 36.08% is categorized as good and in 2029 a value of 74.01% is categorized as unfavorable. The use of fair value limits and it can be said that in the year 2029 it is necessary to add improvements to minimize the high value of berth occupancy ratio. scenario 1 changing the number of berths from 8 to 10 berths decreased in BOR value or the level of use of the pier scenario 1 (one) in 2029 by 59% had a smaller impact than the projected BOR value of 74%. scenario 2 minimizes the amount of service time for mooring ships at the pier, by 2029 51% will have a smaller impact than the projected BOR value of 74%. Scenario 3 combines the number of berths and service times, by 2029 by 40% the impact is less than the value, BOR projections by 74%. The achievement of port standardization is less than 70% which has been determined by the Directorate General of Sea Transportation number UM.002 / 38 / DJM.11.
Keywords: Port, BOR Value, forecasting.