Perbedaan Quality of Friendship ditinjau dari Attachment Style pada Mahasiswa selama Pembelajaran Jarak Jauh
Differences in Quality of Friendship in terms of Attachment Style of College Student during Distance Learning
Berubahnya sistem pembelajaran dari yang dilakukan secara langsung menjadi pembelajaran daring yang memberikan dampak positif maupun negatif terhadap berbagai pihak, salah satunya mahasiswa. Selain terkait dengan pembelajaran, dampak negatif dari pembelajaran jarak jauh juga berdampak pada kehidupan mahasiswa baru, dimana seharusnya mahasiswa baru bertemu dengan lingkungan baru, menjadi terhambat. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat perbedaan quality of friendship ditinjau dari attachment style pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh. Subjek penelitian ini merupakan mahasiswa Angkatan 2020 sejumlah 163 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan alat ukur yang disusun berdasarkan aspek quality of friendship oleh Parker dan Asher, untuk alat ukur attachment style disusun berdasarkan dimensi menurut Collins dkk, kuesioner disebar melalui google form yang dan dianalisis menggunakan uji Kruskal-Wallis dikarenakan sebaran data yang diujikan tidak berdistribusi normal. Hasil uji Kruskal-Wallis, menunjukkan nilai Asymp. Sig > 0.05 (0.193 > 0.05), sehingga data tersebut menunjukkan bahwa pada penelitian ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan quality of friendship ditinjau dari attachment style pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh
The change in the learning system from direct learning to online learning has both positive and negative impacts on various parties, including students. Besides being related to learning, the negative impact of distance learning also has an impact on the lives of new students, where new students should meet a new environment, being hampered. This study was conducted to see whether there are differences in the quality of friendship in terms of attachment style to students during distance learning. The subjects of this study were the Class of 2020 students, a total of 163 students. The data collection method used a measuring instrument that was compiled based on the aspect of quality of friendship by Parker and Asher, for the attachment style measurement tool was compiled based on dimensions according to Collins et al., the questionnaire was distributed through a google form and analyzed using the Kruskal-Wallis test because the data distribution was different. tested not normally distributed. The results of the Kruskal-Wallis test show the Asymp value. Sig > 0.05 (0.193 > 0.05), so the data shows that in this study there is no difference in the quality of friendship in terms of attachment style to students during distance learning