Pengembangan media pembelajaran
dengan model Problem Based Learning berbasis website ini
dilatarbelakangi oleh adanya beberapa kesulitan saat menerima materi atau
menerjemahkan materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidik, proses
belajar mengajar yang hanya menggunakan metode ceramah oleh tenaga pendidik
serta mayoritas peserta didik hanya mempraktikkan apa yang dicontohkan saja
sehingga hanya tenaga pendidik yang terlihat lebih aktif (teacher-centered ),
belum ada sumber belajar dengan memanfaatkan teknologi dan internet yang ada
serta belum ada pengembangan media pembelajaran berbasis website pada
mata pelajaran basis data. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
kevalidan dan keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis website
pada mata pelajaran Basis Data di kelas XI RPL SMK Semen Gresik pada
peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media
pembelajaran yang dikembangkan.
Metode penelitian yang digunakan
pada pengembangan ini adalah R&D (Research and Development ) dengan model
pengembangan ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, Evaluation ). Adapun desain penelitian yang digunakan adalah one grup
pretest-posttest design dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas XI
pada program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) sebanyak 49 siswa di SMK
Semen Gresik. Disamping itu, teknik pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian pengembangan ini adalah wawancara, angket respon, tes serta
dokumentasi.
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa analisa validasi dari 4 (empat) validator diperoleh hasil validasi media dengan total presentase
sebesar 95%, hasil validasi soal dengan total presentase sebesar 91%, hasil
validasi materi dengan total presentase sebesar 94%, hasil validasi Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebesar 92% dan hasil validasi angket respon
siswa dengan total presentase sebesar 86%. Berdasarkan acuan pada tabel
kriteria validasi maka keseluruhan termasuk dalam penilaian sangat valid.
Adapun hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest
sebesar 46,888. Sedangkan, nilai rata-rata posttest sebesar 86,173 .Hasil
uji-t diperoleh nilai sebesar 25,375 dengan nilai Sig (2-tailed)
sebesar 0,000 dimana 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil
belajar peserta didik pada mata
pelajaran Basis Data setelah menggunakan media pembelajaran berbasis website
lebih baik daripada sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis website.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Website ,
Basis Data, Research and Development .