PROSES BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH PERSAMAAN GARIS LURUS BERBANTUAN GEOGEBRA
CREATIVE THINKING PROCESS IN SOLVING GEOGEBRA ASSISTED STRAIGHT LINE EQUATION PROBLEMS
Pentingnya memahami proses berpikir kreatif siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah dengan kategori kreatif, kategori cukup kreatif, dan kategori kurang kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP di Sidoarjo pada kelas VIII. Teknik pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling dengan berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kategori kreatif, kategori cukup kreatif, dan kategori kurang kreatif dan didapatkan 6 subjek dengan 2 subjek setiap kategorinya. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan indikator berpikir kreatif, tingkat kemampuan berpikir kreatif, dan reduksi data hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir kreatif bahwa proses berpikir kreatif pada tahap mensintesis ide, tahap membangun atau membangkitkan ide, tahap merencanakan penerapan ide, dan tahap menerapkan ide di setiap kategori akan berbeda. Semakin tinggi tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa maka, semakin kompleks proses berpikir kreatif ditampilkan. Siswa memanfaatkan aplikasi Geogebra sebagai alat bantu untuk memecahkan masalah dengan menggunakan tools pada Geogebra yaitu tools line, tools polygon, tools area, dan tools perpendicular line. Pada tahap mensintesis ide, siswa dengan kategori kreatif dalam memunculkan ide dari pengalaman pembelajaran di kelas dan informasi pada soal, siswa dengan kategori cukup kreatif dan kategori kurang kreatif dalam memunculkan ide dari informasi yang diberikan pada soal. Pada tahap membangun ide, siswa dengan kategori kreatif dan kategori cukup kreatif memunculkan 2 alternatif penyelesaian yang berbeda, siswa dengan kategori kurang kreatif memunculkan 1 alternatif penyelesaian tetapi, dengan 2 jawaban. Pada tahap merencanakan penerapan ide, siswa dengan kategori kreatif dan kategori cukup kreatif produktif dalam memunculkan ide dan siswa dengan kategori kurang kreatif tidak produktif dalam memunculkan ide. Pada tahap menerapkan ide siswa dengan kategori kreatif menghasilkan tiga alternatif persamaan garis dari cara yang berbeda dengan menggunakan Geogebra, siswa dengan kategori cukup kreatif menghasilkan dua alternatif persamaan garis dari cara yang berbeda dengan menggunakan Geogebra, dan siswa dengan kategori kurang kreatif menghasilkan dua alternatif persamaan garis dari cara yang sama dengan menggunakan Geogebra. Geogebra digunakan pada penelitian ini adalah memvisualisasikan konstruksi konsep matematika serta sebagai alat bantu untuk mengkontruksi konsep matematis.
Kata Kunci: Geogebra, Pemecahan Masalah, Proses Berpikir Kreatif
The importance of understanding students' creative thinking processes can improve students' mathematical creative thinking skills. This study aims to determine students' creative thinking processes in solving problems with creative categories, moderately creative categories, and less creative categories. This research uses a qualitative research approach with a case study approach. This research was conducted at one of the junior high schools in Sidoarjo in class VIII. The subject selection technique used purposive sampling technique based on the level of thinking ability of the creative category, moderately creative category, and less creative category and obtained 6 subjects with 2 subjects for each category. Data collection techniques in this study using test techniques and interview guidelines. The data analysis technique uses indicators of creative thinking, the level of creative thinking ability, and data reduction of interview results. The results showed that the creative thinking process at the stage of synthesizing ideas, the stage of building or generating ideas, the stage of planning the application of ideas, and the stage of applying ideas in each category will be different. The higher the level of students' creative thinking ability, the more complex the creative thinking process is displayed. Students utilize the Geogebra application as a tool to solve problems by using tools on Geogebra, namely line tools, polygon tools, area tools, and perpendicular line tools. At the stage of synthesizing ideas, students with creative categories in bringing up ideas from learning experiences in class and information on the problem, students with moderately creative categories and less creative categories in bringing up ideas from the information given in the problem. At the stage of building ideas, students in the creative category and moderately creative category come up with 2 different alternative solutions, students in the less creative category come up with 1 alternative solution but, with 2 answers. At the stage of planning the application of ideas, students with creative categories and moderately creative categories are productive in generating ideas and students with less creative categories are not productive in generating ideas. At the stage of applying ideas, students in the creative category produced three alternative line equations from different ways using Geogebra, students in the moderately creative category produced two alternative line equations from different ways using Geogebra, and students in the less creative category produced two alternative line equations from the same way using Geogebra. Geogebra used in this study is to visualize the construction of mathematical concepts and as a tool to construct mathematical concepts.
Keywords: Geogebra, Problem Solving, Creative Thinking Process