IMPLEMENTASI TEKNOLOGI SPEECH TO TEXT TERHADAP LITERASI SAINS PADA ANAK TUNARUNGU
THE IMPLEMENTATION OF SPEECH TO TEXT TECHNOLOGY ON SCIENTIFIC LITERACY IN DEAF CHILDREN
Literasi sains sangat penting bagi anak tunarungu. Dengan memiliki kecakapan literasi sains, anak tunarungu mampu memecahkan masalah – masalah yang dialaminya. Penerapan literasi sains pada anak tunarungu pada kondisi pandemi Covid-19 yaitu dengan memecahkan masalah karena adanya virus Covid yang tersebar diseluruh daerah maka diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan dengan cara yang baik dan benar. Dengan adanya masalah tersebut anak tunarungu akan berpikir secara kritis, tentang bagaimana cara menggunakan masker dan mencuci tangan dengan benar. Karena perbendaharaan kata yang sangat terbatas, anak tunarungu akan mengandalkan indera yang masih berfungsi. Anak tunarungu merupakan anak visual, sehingga dengan adanya teknologi asistif dapat untuk memahami kata dan kalimat dengan menggunakan Speech to Text yaitu suara yang akan dirubah menjadi bentuk tulisan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mensintesis barbagai artikel tentang speech to text pada anak tunarungu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah literatur review dan mendapatkan 10 artikel yang relevan dengan pembahasan. Hasil yang didapat dari penelitian yang dilakukan adalah teknologi asistif ini dapat meningkatkan literasi sains pada anak tunarungu yaitu dengan menggunakan teknologi speech to text.
Scienctific literacy is very important for deaf children. By having scientific literacy skills, deaf children are able to solve the problems they experience. The application of science literacy to deaf children in the conditions of the Covid-19 pandemic is by solving problems due to the Covid virus spreading throughout the region, it is mandatory to use masks and wash hands in a good and correct way. With this problem, deaf children will think critically, about how to use masks and wash hands properly. Because vocabulary is very limited, deaf children will rely on the senses that are still functioning. Deaf children are visual children, so with assistive technology can understand words and sentences by using Speech to Text, which is a voice that will be converted into written form. So this study aims to synthesize various articles about speech to text in deaf children. The method used in this study is literature review and get 10 articles that are relevant to the discussion. The results obtained from the research conducted are that this assistive technology can increase scientific literacy in deaf children, namely by using speech to text technology.