PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID “DARI” PADA MATERI DAUR AIR UNTUK SISWA KELAS V SD
THE DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA BASED ON THE ANDROID APPLICATION "DARI" IN WATER CYCLE MATERIALS FOR FIFTH GRADE IN ELEMENTARY SCHOOL
Nama : Rhere Septiandika
NIM : 17010644173
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
Universitas : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Farida Istianah, S.Pd., M.Pd.
Adanya wabah covid-19 serta kemajuan teknologi, pembelajaran sekolah dilangsungkan secara daring dengan menggunakan handphone atau smartphone sebagai media pembelajaran. Akibatnya banyak siswa yang kurang memahami materi. Terlebih materi daur air pada IPA, materi IPA membutuhkan praktik serta kejelasan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media DARI yang layak dipergunakan sebagai media pembelajaran. Pembuatan media DARI menggunakan metode Penelitian dan pengembangan (R&D) dari Borg and Gall. Adanya covid-19 peneliti menggunakan Borg and Gall 7 tahapan dalam pengembangan media antara lain pengumpulan informasi, perencanaan, desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba dengan 6 siswa kelas V SD Negeri Jati Sidoarjo, revisi akhir produk. Pengumpulan data menggunakanobservasi, hasil wawancara, tes, serta angket pengguna. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis inferensial dan menggunakan Skala Likert. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa media DARI sangat valid dengan tingkat kevalidan 86,6% untuk uji validasi materi dan 82% untuk uji validasi media. Dalam tingkat kepraktisan memperoleh 97,38% untuk angket siswa dan 80% untuk angket guru. Dalam keefektifan mendapatkan rata-rata skor N-Gain 0,71. Diperoleh kesimpulan bahwa media DARI dinyatakan layak sebagai media pembelajaran untuk materi daur air.
Kata Kunci: pengembangan media, android, media DARI, Daur air, IPA
Name : Rhere Septiandika
Study Program : S-1
Departement : Elementary School Teacher Education
Faculty : Education Science
University : State University of Surabaya
Advisor : Farida Istianah, S.Pd., M.Pd.
Due to the COVID-19 outbreak and technological advances, the school learning is carried out online using mobile phones or smartphones as learning media. As a consequence, many students do not understand the material. Especially the water cycle material in science, science material requires practice and material clarity. This study aims to develop an appropriate DARI application as a learning media. The creation of DARI application use the Research and Development (R&D) method from Borg and Gall. The existence of covid-19, researchers used Borg and Gall 7 stages in media development, including collecting the information, planning, designing the product, product validation of the design, product revision of the design, testing with 6 students of the fifth grade at SD Negeri Jati Sidoarjo, final revision of the product .Collecting data using observation, interview results, tests, and user questionnaires The data analysis technique uses inferential analysis techniques and using a Skala likert. Types of data collected in the form of quantitative data and qualitative data. The results of this study stated that the DARI application was very valid with a validity level of 86.6% for the material validation test and 82% for the media validation test. In the level of practicality obtained 97.38% for student questionnaires and 80% for teacher questionnaires. In the effectiveness of getting an average N-Gain score of 0.71. It was concluded that theDARI application is declared feasible as a learning media for water cycle material.
Keywords: media development, android, DARI application, Water cycle, natural sciences