ABSTRAK
Ramadhan, Bayu Gilang. 2018. Pengembangan Metode SIBI Pembelajaran Notasi Balok Pada Siswa Tunarungu di SMPLB. Tesis, Program Studi Pendidikan Seni Budaya, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Anik Juwariyah, M.Si., dan (II) Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd.
Kata-kata Kunci: metode, tunarungu, notasi balok, Simbol Isyarat Bahasa Indonesia
Tesis pengembangan Metode SIBI Pembelajaran Notasi Balok Pada Siswa Tunarungu ini ditujukan untuk siswa tunarungu di SMPLB dengan tujuan mengembangkan metode pembelajaran notasi balok dengan SIBI. Saat ini siswa tunarungu tidak mendapatkan metode pembelajaran seni musik yang efektif, sehingga siswa tunarungu hanya dapat melihat dengan rasa keinginan untuk mempelajari ilmu seni musik yang besar tanpa dapat bermain musik seperti siswa pada umumnya. Hal ini disebabkan karena tidak adanya metode pendukung bagi siswa tunarungu dalam mendapatkan ilmu tentang seni musik seperti membaca nilai-nilai notasi balok, menghitung ritme pada lagu, dan dapat membaca konsistensi tempo dalam lagu.
Teori yang digunakan dalam peneitian ini, diantaranya teori musik, teori behavioristik, teori konstruktifistik, konsep kreativitas, dan didukung oleh konsep – konsep tentang notasi balok dan metode pembelajaran SIBI. Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4-D metode ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu define, design, develop, dan disseminite, ( pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran) . akan tetapi karena keterbatasan waktu penelitian pengembangan hanga melakukan penelitian sampai tahap develop sehingga metode pengembangan peneliti ini menjadi 3-D. uji coba skala kecil yang dilakukan di sekolah SMPLBN Seduri dengan memperaktikan untuk 3 siswa dan dalam skala besar dilakukan di SMPLBN Seduri.
Hasil dari penelitian pengembangan ini diantaranya proses pengembangan buku pengembangan metode SIBI pembelajaran notasi balok pada siswa tunarungu, kualitas buku, dan keefektifan buku tersebut. Buku tersebut memiliki keberhasilan dalam proses pengembangannya dan terlaksana dengan baik dengan respon siswa yang memuaskan, sehingga siswa mendapatkan ilmu yang efektivan tentang musik dengan konsep buku yang menarik untuk penerapan metode baru untuk siswa tunarungudi dalam proses belajar. Diperoleh hasil, kevalidan buku pembelajaran dan fungsi pada buku pengembangan metode SIBI pembelajaran notasi balok pada siswa tunarungu diujikan kepada tiga validator mendapatkan nilai 79,25% dari ahli materi, 83% dari ahli bahasa, dan 72% dari ahli desain. Ketiga penilaian ini termasuk dalam kategori baik (valid). Keterlaksanaan pembelajaran notasi balok untuk siswa tunarungu dengan menggunakan bukubelajar praktis notasi balok untuk siswa tunarungu dengan SIBI dimulai pada tanggal 1 Mei 2018 sampai 25 Agustus 2018 (4 bulan) 4 pertemuan skala kecil dan 8 pertemuan skala besar dinilai sangat baik. Semua isi materi dari metode pembelakaran notasi balok untuk siswa tunarungu telah diajarkan dan telah terselesaikan dengan hasil yang memuaskan )80% tuntas).
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengembangan metode pembelajaran dalam buku belajar praktis notasi balok untuk siswa tunarungu dengan SIBI dengan materi yang telah disesuaikan dengan anak sekolah menengah pertama untuk siswa tunarungu dikatakan berhasil dan layak untuk diterapkan pada sekolah SMPLB.
ABSTRACT
Ramadhan, Bayu Gilang. 2018.Development of the SIBI Method of Learning Beam Notation in Deaf Students in SMPLB.Thesis, Cultural Arts Education Studies Program, Postgraduate, Surabaya State of University.Mentor: (I) Dr. Anik Juwariyah, M.Si., and (II) Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd.
Kata-kata Kunci: Method, Deaf, Beam Notation, Indonesian Sign Symbol
The development thesis entitled Development of the SIBI Method of Learning Beam Notation in Deaf Students in SMPLB is intended for deaf students in inclusive schools with the aim of developing learning methods for beam notation with SIBI. Currently deaf students do not get effective musik art learning methods, so deaf students can only see without playing because the hearing senses are lacking. This is because the supporting methods are lacking for students getting knowledge about the art of musik.
The theory used in this research, including musik theory, behavioristic theory, constructive theory, the concept of creativity, and rolled up by the concepts of beam notation and SIBI learning methods. The development method in this study uses the 4-D development method this method consists of 4 stages of development namely Define, Design, Develop, and Disseminste, (defining, designing, developing and distributing). however, due to the limitations of the time of research development, Hanga conducts research until the development stage so that the method of developing this researcher becomes 3-D. Small-scale trials carried out at the SMPLBN Seduri school by activating for 3 students and on a large scale were conducted at SMPLBN Seduri
The results of this development study include the process of developing a book on developing the SIBI method for learning beam notation in deaf students, the quality of the book, and the effectiveness of the book. Obtained results, the validity of learning books and functions in the development book SIBI method of beam notation learning in deaf students was tested on three validators getting 79.25% from material experts, 83% from linguists, and 72% from design experts. These three assessments fall into the category of good (valid). The implementation of beam notation learning for deaf students by using a practical learning book beam notation for deaf students with SIBI starts on May 1, 2018 to August 25, 2018 (4 months) 4 small scale meetings and 8 large scale meetings very good grades. All material contents of the method of combining beam notation for deaf students have been taught and completed with satisfactory results (94% complete)
Based on the results of data analysis, it can be concluded that the development of learning methods in practical learning books beam notation for deaf students with SIBI with material that has been adapted to junior high school students for deaf students is said to be successful and feasible to be applied to inclusive schools. This study produced a book entitled "Practical Learning Beam Notation for Deaf Students with SIBI"