ANALISIS PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ORANG DEWASA PADA SEKOLAH PEREMPUAN DESA KESAMBEN KULON GRESIK
ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF ADULT EDUCATION PRINCIPLES IN WOMEN SCHOOL AT KESAMBEN KULON VILLAGE GRESIK
Pemahaman masyarakat desa Kesamben Kulon bahwa urusan wanita bersifat sangat privat yakni hanya mengurus rumah tangga dan keluarganya saja menjadi suatu masalah sosial. Salah satu solusi yang diperjuangkan adalah pendidikan perempuan melalui Sekolah Perempuan. Prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan hasil dari pendidikan perempuan..
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara deskriptif pendekatan dan prinsip POD yang diterapkan pada Sekolah Perempuan. Serta untuk mendeskripsikan faktor pendukung & penghambat penerapan prinsip-prinsip POD. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek peneltian terdiri dari ketua, dua orang fasilitator dan lima orang anggota Sekolah Perempuan
Hasil dari penelitian ini adalah Sekolah Perempuan menerapkan pendekatan yang berpusat pada masalah dan pendekatan aktualisasi diri. Prinsip POD yang diterapkan, yaitu: (a) Prinsip hubungan pengalaman dengan akan datang; (b) belajar adalah berubah; (c) orang dewasa harus ingi belajar; (d) orang dewasa belajar sambil bebruat; (e) lingkungan belajar informal; (f) pendampingan bukan nilai; (g) pembelajaran perempuan sebagai pembelajaran orang dewasa; (h) memberi kesadaran terhadap potensi diri. Faktor penghambat penerapan prinsip-prinsip POD adalah kurangnya kesadaran akan teknologi sehingga menghambat komunikasi dan kurangnya dukungan dari orang terdekat. Faktor pendukung penerapan prinsip POD adalah motivasi belajar peserta didik yang tinggi dan adanya dukungan dari desa dengan melibatkan sekolah perempuan dalam setiap kegiatan desa.
Kata Kunci: Pendidikan, Orang Dewasa, Perempuan.
The understanding of Kesamben Kulon village's community that women affairs are very private, that is only taking care of the household and family, is a social problem. One solution championed is the education of women through the Women School. This study aims to determine descriptively the approaches adult educations' principles applied to Women Schools as well as to describe the factors that are supporting and inhibiting the application of adult educations' principles.
This study uses a qualitative research approach with some interviews, observations and documentation data collection techniques. The subject of the study consisted of the chairman, two facilitators and five members of the Women School.
The results of this study are the Women School applying an approach that is centred on the problem and self-actualization approach. The adult educations' principles are applied, namely: (a) The principles of the relationship of experience with the future; (b) learning is changing; (c) adults must want to learn; (d) adults learn while doing; (e) informal learning environment; (f) non-value assistance; (g) women are learning as adult learning; (h) giving awareness to self-potentials. The inhibiting factor for the application of adult educations' principles is the lack of awareness of technology that hinders communication and the lack of support from the closest people. Supporting factors for the application of adult educations' principles are high students' motivation and the support of the village by involving women schools in every village activity.
Keywords: Education, Adult, Women.