Pengaruh Dunia Kerja Terhadap Kurikulum Perguruan Tinggi
The influence of the world of work on the college curriculum
Penulisan artikel ini bertujuan untuk melakukan analisis terkait Pengaruh Dunia kerja terhadap kurikulum perguruan tinggi. Pertumbuhan serta perkembangan dunia kerja dan dunia industri semakin meningkat setiap tahun, pada Education 4.0 presentase penganggur di kalangan terdidik pun terus meningkat, tetapi lapangan pekerjaan yang ditawarkan sangat kecil. Untuk meningkatkan Kompetensi Lulusan sarjana sebagai individu terdidik yang disiapkan untuk bemasyarakat dan memasuki dunia kerja, maka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia membuat gagasan tentang Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, guru sebagai tenaga pendidik menerapkan metode pengajaran konservatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah studi literatur terhadap 20 Jurnal yang terbagi dari 15 jurnal nasional dan 5 jurnal internasional. Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) merumuskan bahwa terdapat dua puluh tiga atribut Soft Skilss yang dibutuhkan sebuah lulusan perguruan tinggi, selain itu perguruan tinggi Kompetensi Hard skills dan Soft skills dipakai sebagai pengukur kompetensi lulusan perguruan tinggi Strata satu (S1) yang siap untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja.
Writing this article aims to conduct an analysis related to the world of work affecting the college curriculum. The growth and development of the world of work and the world of industry is increasing every year, in Education 4.0 the percentage of unemployed among educated people continues to increase, but the jobs offered are very small. To increase the competence of graduate graduates as educated individuals who are prepared to enter the community and enter the world of work, the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia made the idea of the Free Learning Program, teachers as educators applying conservative teaching methods. The data collection technique used was a literature study on 20 journals divided from 15 national journals and 5 international journals. The Directorate of Higher Education (DIKTI) has formulated that there are twenty-three attributes of Soft Skils that are needed by a college graduate, besides that higher education institutions for competency hard skills and soft skills are used to measure the competence of undergraduate (S1) college graduates who are ready to meet the needs of the world. work.