Abstrak
SMK Negeri 2 Bojonegoro merupakan salah satu lembaga
pendidikan kejuruan yang memiliki tugas untuk mempersiapkan dan menciptakan
sumber daya manusia yang dapat besaing dengan sesuai dengan kompetensi program
keahlian masing-masing. Dalam proses pembelajaran, mata kuliah mekanika teknik
merupakan mata pelajaran yang sulit bagi siswa, hal ini di buktikan setelah
penyebaran angket observasi dan 92 % siswa kurang paham dengan mata pelajaran
tersebut. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan
menciptakan sebuah media Alat Peraga dan pembelajaran TANDUR yang mudah dipahami oleh siswa agar
dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah
(1) Mengetahui kelayakan media, (2) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, (3)
Mengetahui respon siswa, (4) Mengetahui ketuntasan belajar siswa.
Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan (R&D ), tujuan Research and
Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk
tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Langkah-langkah yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) mencari potensi dan masalah (2)
Melakukan pengumpulan data (3) Melakukan perancangan desain; (4) melakukan
validasi desain; (5) melakukan revisi desain produk; (6) melakukan uji coba
produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, kuesioner
dan tes. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 61 siswa kelas X TKBB SMKN 2
Bojonegoro serta analisis perangkat pembelajaran meliputi Silabus, RPP, dan
penggunaan media pembelajaran.
Hasil penelitian ini adalah
sebagai berikut. (1) Hasil validasi untuk aspek kualitas media dan daya tarik
pada hasil analisis diperoleh sebesar 93,33% yang termasuk dalam kategori sangat
baik, yang berarti media ini sangat layak dalam memberikan suasana belajar baru
kepada siswa, (2) Hasil Keterlaksanaan pembelajaran untuk tiap pertemuan ke-1
sampai ke-3 adalah 77,65%, 79,22% dan 83,14% yang termasuk dalam kategori baik,
(3) Hasil respon siswa sebesar 83,91 % yang berarti bahwa respon siswa sangat
baik. (4) Hasil ketuntasan belajar siswa pada tiap pertemuan menunjukan 81,97
%, 88,52% dan 75,41, atau lebih dari 75% siswa tuntas.
Kata
Kunci: Media Alat
Peraga – TANDUR, Ketuntasan Belajar Siswa, Respon Siswa.
Abstract
Bojonegoro State Vocational High School 2 is one of the vocational
education institutions that has the task of preparing and creating human
resources that can compete with in accordance with the competency of each
expertise program. In the learning process, engineering mechanics courses are
difficult subjects for students, this is evidenced after the distribution of
observation questionnaires and 92% of students do not understand the subject
matter. One way to overcome this problem is to create a medium for Teaching
Aids and TANDUR learning that is easily understood by students in order to
improve student mastery learning. The objectives of this study are (1) Knowing
the feasibility of the media, (2) Knowing the feasibility of learning, (3)
Knowing student responses, (4) Knowing the completeness of student learning.
This research is research and development, the purpose of Research
and Development is the research method used to produce certain products, and
test the effectiveness of these products. The steps used in this study are (1)
looking for potential and problems (2) Performing data collection (3)
Performing design designs; (4) carry out design validation; (5) revise product
design; (6) test the product. Data collection techniques used were
questionnaires, observations, questionnaires and tests. The subjects in this
study were 61 students of class X TKBB of SMK 2 Bojonegoro and analysis of
learning tools included Syllabus, lesson plans, and the use of instructional
media.
The results of this study are as follows. (1) The results of validation
for aspects of media quality and attractiveness of the results of the analysis
obtained at 93.33% which is included in the excellent category, which means
that this media is very feasible in providing a new learning atmosphere to
students, (2) Implementation of learning outcomes for each 1st to 3rd meetings
are 77.65%, 79.22% and 83.14% are included in the good category, (3) The
results of student responses are 83.91% which means that the student response
is very good. (4) The results of student learning completeness at each meeting
showed 81.97%, 88.52% and 75.41, or more than 75% of students completed.
Keywords: Media Props - TANDUR, Student Learning Completeness, Student
Response.