Developing Students Reading Ability Using Visual Novel For High School Students
Baru-baru ini banyak siswa yang belajar dari rumah dan kelasnya dilakukan secara online. Banyak dari mereka menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, dan karena kelas mereka dilakukan secara online, sebagian besar siswa seharusnya dapat menggunakan smartphone mereka. Karena situasi ini, novel visual dapat digunakan untuk membantu siswa dalam belajar bahasa Inggris, terutama untuk membaca. Novel visual adalah permainan yang memanfaatkan gambar dengan berbagai efek suara untuk membuat pembaca lebih tertarik untuk bermain dan menonton gambar. Penelitian ini untuk mengembangkan novel visual untuk pendidikan dengan tujuan untuk membantu siswa dalam belajar bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam pengembangan novel visual adalah metode DDR (Design and Development). Peserta penelitian ini adalah sepuluh siswa kelas sepuluh dari berbagai sekolah di Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara terstruktur, dan validasi ahli. Novel visual divalidasi oleh ahli sebelum menguji permainan. Penelitian ini menemukan bahwa Novel Visual dapat membantu siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar bahasa Inggris terutama membaca dan respons yang mereka berikan terhadap penggunaan novel visual dalam membantu belajar bahasa Inggris adalah positif. Beberapa siswa juga kesulitan dengan permainan karena kurangnya pengetahuan siswa. Kesimpulannya, novel visual telah terbukti memenuhi permintaan siswa untuk membantu dalam belajar bahasa Inggris. Implikasi dari temuan ini adalah bahwa guru harus menggunakan media untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif.
Recently, many students study from home and their class is conducted online. Many of them spend more time at home, and since their class is conducted online, most of the students must be able to utilize their smartphones. Because of this situation, the visual novel can be used to aid the students in studying English, especially for reading. The visual novel is a game that utilizes pictures with various sound effects to make the reader more interested in playing and watching the picture. This study is to develop a visual novel for education with the purpose to aid students in learning English. The research method utilized by the researcher in the development of a visual novel is a DDR (Design and Development) method. The participant in this research was ten tenth-graders from various schools in Surabaya. The instruments used in this research were questionnaires, structured interviews, and expert validation. The visual novel was validated by the expert before testing the game. This study finds that Visual Novel can help students become more motivated to learn English especially reading and the response they gave toward using visual novel in aiding learning English is positive. Several students also struggled with the game due to the student's lack of knowledge. In conclusion, the visual novel has been proven to meet the student's demand to aid in learning English. The implications of these findings are that the teachers should use media to create a more positive learning environment.