Acid Base Module with SETS Approach to Train Students Critical Thinking Skill
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul asam basa dengan pendekatan SETS untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) Borg & Gall sampai pada tahap uji coba terbatas. Uji coba modul dilakukan kepada 12 peserta didik kelas XI di SMAN 1 Dongko Trenggalek. Modul yang dikembangkan diuji kelayakannya ditinjau dari 3 aspek yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kevalidan modul didapatkan dari hasil penilaian dari dua orang dosen kimia dan satu orang guru kimia. Modul mendapatkan persesntase kevalidan sebesar 84,1% untuk isi, 84,17% untuk penyajian dan 83,33% untuk kebahasaan dengan kategori sangat valid. Kepraktisan modul ditinjau dari hasil angket respon peserta didik, dimana diperoleh persentase kepraktisan modul sebesar 98,81% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan modul diketahui dari adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik berdasarkan nilai pretest dan posttest dengan rata-rata skor n-gain yang diperoleh sebesar 0,79 dengan kategori tinggi. Hal tersebut didukung dengan hasil uji Wilcoxon didapatkan Asymp.Sig < 0,05 (0,002<0,05), sehingga Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul asam basa dengan pendekatan SETS dapat melatihkan keterampian berpikir kritis peserta didik.
This study aimed to develop an acid-base module with a SETS approach to train students critical thinking skills. The study used Borg & Gall Research and Development (R&D) method until the limited trial stage. The limited trial was carried out on 12 students of class XI at SMAN 1 Dongko Trenggalek. Then, the developed module was tested for its feasibility based on 3 aspects, namely validity, practicality, and effectiveness. The modules validity data was obtained from the results of the assessment from two chemistry lecturers and one chemistry teacher. The module obtained validity percentages of 84.1% for content, 84.17% for presentation, and 83.33% for language with a valid category. The modules practicality were obtained from the student response questionnaire results, where the practicality percentage of the module was 98.81% with a very practical category. The modules effectiveness was known from the students critical thinking skills improvement based on the pretest and posttest scores and obtained an n-gain score average of 0.79 with high category. It is supported by the Wilcoxon test results, which obtained Asymp.Sig <0.05 (0.002 <0.05), so that Ha is accepted. So, it can be concluded that the acid-base module with the SETS approach can train students critical thinking skills.