PENGEMBANGAN MODUL PELATIHAN REGULASI DIRI ANTI NARKOBA PADA PESERTA DIDK SMP
DEVELOPMENT OF AN ANTI-DRUG SELF-REGULATION TRAINING MODULE FOR JUNIOR HIGH SCHOOL
Penyalahgunaan narkoba bukan hanya dialami oleh orang dewasa, namun juga peserta didik. Berdasarkan wawancara dengan guru BK pada tahun 2023 terdapat 14 peserta didik yang mengonsumsi pil terlarang. Hal tersebut terjadi akibat ajakan teman. Diketahui mereka mendapatkan pil tersebut dari pengedar yang ada di lingkungan kampung mereka. Berdasarkan instrumen AKPD yang disebarkan pada 180 peserta didik di SMPN 8 Surabaya, menunjukkan sebesar 77% peserta didik belum tahu cara mengendalikan emosi pada dirinya dengan baik. Ini menunjukkan rendahnya regulasi diri pada peserta didik. Regulasi diri adalah kemampuan seseorang untuk mengontrol diri dari berbagai rangsangan, mengontrol emosi, dan juga pengaruh lingkungan terhadap diri supaya dapat berperilaku yang sesuai di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Pelatihan Regulasi diri Anti Narkoba Peserta Didik SMP yang memenuhi kriteria akseptabilitas. Peneliti menggunakan tahap pengembangan Borg & Gall (2003) yaitu: a) Pengumpulan informasi awal, b) Perencanaan, c) Pengembangan Produk awal, d) Uji Coba lapangan awal, e) Revisi produk awal, f) Uji coba lapangan utama, g) Revisi Produk, h) Uji coba lapangan akhir, i) Revisi produk akhir, j) Desiminasi dan implementasi. Namun dikarenakan penelitian ini terbatas pada pengembangan produk maka tahap pengembangan hanya sampai tahap kelima yaitu revisi produk awal.
Berdasarkan total rerata presentase nilai dalam tahap validasi uji ahli materi, uji ahli media, dan uji guru BK, diperoleh presentase nilai sebesar 89,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Modul Pelatihan Regulasi diri telah memenuhi kriteria akseptabilitas dengan kategori sangat baik sehingga tidak perlu direvisi. Penelitian dilakukan sampai pada tahap revisi roduk awal, sehingga masih berupa prototype. Diharapkan dapat dilanjutkan oleh peneliti selanjutnya agar dapat mengetahui efektifitas dari modul pelatihan regulasi diri ini.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul Pelatihan Regulasi diri, Anti Narkoba
Drug abuse is not only experienced by adults but also by students. Based on interviews with counselors in 2023, there are 14 students who consumed illegal pills. This occurred due to peer pressure. It was found that they obtained the pills from dealers in their neighborhood. According to the AKPD instrument distributed to 180 students at SMPN 8 Surabaya, 77% of the students do not know how to control their emotions well. This indicates low self-regulation among students. Self-regulation is the ability of a person to control themselves from various stimuli, control emotions, and manage environmental influences in order to behave appropriately in society. This study aims to produce a Self-Regulation Anti-Drug Training Module for Junior High School Students that meets acceptability criteria. The researcher used the development stages by Borg & Gall (2003), which are: a) Initial information gathering, b) Planning, c) Initial product development, d) Preliminary field testing, e) Initial product revision, f) Main field testing, g) Product revision, h) Final field testing, i) Final product revision, j) Dissemination and implementation. However, due to the limitations of this research, the development stage only reached the fifth stage, which is the initial product revision.
Based on the average percentage score in the validation stages by material experts, media experts, and guidance counselors, a percentage score of 89.1% was obtained. Thus, it can be concluded that the Self-Regulation Training Module meets the acceptability criteria with a very good category, so it does not need to be revised. The research was conducted up to the initial product revision stage, so it is still a prototype. It is hoped that future researchers can continue this study to determine the effectiveness of this self-regulation training module.
Keywords: Development, Self-Regulation Training Module, Anti-Drug.