Penulisan artikel ilmiah ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan dimana siswa disabilitas intelektual ringan kesulitan mengikuti dan mengingat pembelajaran yang berlangsung di kelas memasak. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang sesuai dengan keadaan masing-masing siswa. Pemilihan model pembelajaran SAVI menekankan siswa untuk terlibat aktif dengan menggabungkan gerak fisik dan semua panca indera. Tujuan dari penulisan artikel ilmiah ini yaitu untuk mengetahui pemanfaatan model pembelajaran SAVI dalam mencapai hasil belajar siswa disabilitas intelektual ringan. Metode yang digunakan yaitu mengkaji berbagai artikel berdasarkan jurnal-jurnal yang berkaitan dengan hasil penelitian tentang model pembeajaran SAVI untuk disabilitas dan juga dari buku-buku yang terkait dengan hal tersebut. Teknik analisa yang dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah ini yaitu secara kualitatif sitation berdasarkan artikel yang relevan. Berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan model pembelajaran SAVI dapat mencapai hasil belajar siswa disabilitas intelektual ringan pada tingkatan aspek kognitif (C1, C2 dan C3), aspek psikomotorik (menirukan dan memanipulasi) dan Afektif (memperhatikan, merespon menghargai dan mengorganisasikan). Dengan pemberian treatment secara berulang kali dan disertai dengan media yang konkrit.
Kata kunci: SAVI, Disabilitas Intelektual Ringan, Capaian Hasil Belajar
Writing this scientific article is motivated by a problem where students with mild intellectual disabilities have difficulty following and remembering the learning that took place in the cooking class. Therefore a learning model is needed that is appropriate to the circumstances of each student. The choice of SAVI learning model emphasizes students to be actively involved by combining physical movements and all five senses. The purpose of writing scientific articles is to determine the use of the SAVI learning model in achieving student learning outcomes with mild intellectual disabilities. The method used is to review various articles based on journals related to the results of research on the SAVI learning model for disabilities and also from books related to it. The analysis technique used in writing scientific articles is qualitative citation based on relevant articles. Based on the results of the studies that have been carried out the SAVI learning model can achieve student learning outcomes with mild intellectual disabilities at the levels of cognitive aspects (C1, C2 and C3), psychomotor aspects (imitating and manipulating) and affective (observing, responding, appreciating and organizing). By giving treatment repeatedly and accompanied by concrete media.
Keywords: SAVI, Mild Intellectual Disabilities, Learning Outcomes