Teaching Strategies in Argumentative Business Writing to Develop Students' Critical Thinking
Elli Setiyo Wahyuni. 2023. Teaching Strategies in Argumentative Business Writing to Develop Students’ Critical Thinking. Disertasi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Surabaya. Promotor: (I) Prof. Drs. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D, dan Co-Promotor: (II) Syafi’ul Anam, M.Pd., Ph.D.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Strategi Mengajar, Menulis Bisnis Argumentatif, Bahasa Inggris Bisnis.
Dalam perkembangan model pembelajaran pendidikan saat ini, siswa dituntut untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Keahlian berfikir kritis memiliki posisi penting bagi mahasiswa di pendidikan tinggi yang mempersiapkan diri untuk karir masa depan. Dalam kurikulum English for Business, mahasiswa didorong untuk menulis tulisan bisnis. Namun, dosen harus mencakup harapan siswa dan tempat kerja. Oleh karena itu, penulisan bisnis argumentatif dipromosikan sebagai praktik bahasa terintegrasi yang mencakup membaca, menulis, dan berbicara. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut, penelitian ini mencoba menyelidiki pertanyaan penelitian berikut (1). Bagaimana guru mengajarkan tulisan bisnis argumentatif dalam menghubungkan pemikiran kritis dengan kegiatan pembelajaran? (2). Apa bukti pemikiran kritis siswa dari tulisan bisnis argumentatif? (3). Bagaimana siswa menempatkan pemikiran kritis dalam tulisan bisnis argumentatif? Pertanyaan penelitian ditujukan untuk menemukan strategi pengajaran dalam penulisan bisnis argumentatif menggunakan instruksi berbasis dosen, menyelidiki bukti pemikiran kritis pada penulisan bisnis argumentative. Mahasiswa menggunakan kerangka pengembangan keterampilan berpikir kritis ACER, dan menentukan strategi dalam menempatkan pemikiran kritis ke dalam tulisan menggunakan tiga kriteria berpikir kritis, seperti konstruksi pengetahuan, penalaran evaluasi, dan pengambilan keputusan (Heard et al., 2020).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mengumpulkan dan menganalisa data dari panduan observasi semi terstruktur, dokumentasi, dan sesi wawancara. Pengamatan akan menggambarkan strategi pengajaran dalam penulisan bisnis argumentatif. Sedangkan hasil tulisan mahasiswa dianalisis untuk membuktikan bukti berpikir kritis. Selain itu, wawancara diberikan untuk mengetahui strategi menuangkan pemikiran kritis ke dalam tulisan. Informannya adalah dosen dan mahasiswa jurusan English for Business di program studi Administrasi Bisnis Universitas Hang Tuah.
Hasil temuan menunjukkan bahwa strategi pengajaran dalam penulisan bisnis argumentatif mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Dalam aspek ini, kajian menyesuaikan kerangka kerja, seperti kemampuan menganalisis dan menyaring pengetahuan dan pengalaman bisnis (knowledge construction), kemampuan membuat komparatif dan argumen dalam analisis bisnis, menemukan kekuatan, kelemahan, dan inovasi (mengevaluasi penalaran), dan kemampuan memberikan solusi dan rekomendasi bisnis (pengambilan keputusan). Dalam hal strategi pengajaran, penelitian ini menjawab research gap pada penelitian sebelumnya bahwa mahasiswa program bisnis merasa kesulitan untuk menulis karena kurangnya penguasaan tata bahasa. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan pengajaran tata bahasa untuk mendukung mahasiswa. Selanjutnya, hal ini mengadaptasi strategi pengajaran yang mempromosikan instruksi berbasis kertas (Rungwaraphong, 2021). Instruksi berbasis dosen cocok untuk pengajaran menulis bisnis dengan pemikiran kritis sebagai tujuan pembelajaran. Instruksi berbasis dosen diadaptasi dari instruksi berbasis kertas untuk mempromosikan kebaruan yang bertujuan untuk membimbing mahasiswa langkah demi langkah dalam memperoleh pemikiran kritis. Selain itu, menyarankan penggunaan keterampilan terintegrasi dalam membaca, menulis, dan berbicara dengan menerapkan beberapa pendekatan, seperti brainstorming, literasi digital, diskusi, penulisan argumentatif, dan presentasi mahasiswa. Strategi pengajaran memberikan contoh dalam menerapkan team-game tournament, dan menulis esai untuk meraih pengetahuan bisnis, keterampilan berbahasa, dan berpikir kritis.
Elli Setiyo Wahyuni. 2023. Teaching Strategies in Argumentative Business Writing to Develop Students’ Critical Thinking. Dissertation, Study Program of Language and Literature Education, Postgraduate Program of Universitas Negeri Surabaya. Advisors: (I) Prof. Drs. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D and Co-Promotor: (II) Syafi’ul Anam, M.Pd., Ph.D.
Keywords: Critical thinking, Teaching Strategies, Argumentative Business Writing, Business English
With the advancement of the educational teaching model nowadays, students are asked to develop their critical thinking skills. It has a crucial position for students in higher education who prepare themselves for future careers. In the Business English curriculum, students are encouraged to compose business writing. However, the lecturer should cover students’ and workplace expectations. Therefore, argumentative business writing is promoted as an integrated language practice that includes reading, writing, and speaking. To achieve the learning goal, the study tries to investigate the following research questions (1). How does the lecturer teach argumentative business writing? (2). What is the evidences of students’ critical thinking from argumentative business writing? (3). How do the students put critical thinking in their argumentative business writing? The research questions are aimed at finding out the teaching strategies in argumentative business writing using lecturer-based instruction, investigating the evidences of critical thinking on students’ argumentative business writing using ACER critical thinking skill development framework, and determining the strategies in putting their critical thinking into writing using three criteria of critical thinking, such as knowledge construction, evaluating reasoning, and decision-making (Heard et al., 2020).
The study uses a qualitative research method in which data collection and analysis are derived from the semi-structured observation guide, documentation, and interview sessions. The observation describes the teaching strategies in argumentative business writing. Whereas, students’ writing results are analyzed to prove the evidences of critical thinking. Additionally, the interview is given to know the strategy to put critical thinking into writing. The informants are the lecturer and students in business English in the Business Administration study program.
The results indicate that teaching strategies in argumentative business writing develop critical thinking skills. In terms of critical thinking aspects, the study adjusts the framework, such as the ability to analyze and screen business knowledge and experience (knowledge construction), the ability to make comparative arguments in business analysis, find strengths, weaknesses, and innovation (evaluating reasoning), and the ability to give business solution and recommendation (decision-making). In terms of teaching strategies, the study answers the research gap in the previous research that students in business programs found it difficult to write because of a lack of grammar mastery. Therefore, this study applies the teaching of grammar to support students; composition. Furthermore, it adapts the teaching strategies that promote paper-based instruction (Rungwaraphong, 2021). Lecturer-based instruction is suitable for teaching business writing with critical thinking as a learning goal. Lecturer-based instruction is adapted from paper-based instruction to promote a novelty that aims to guide students step by step in acquiring critical thinking. Moreover, it suggests the use of integrated skills in reading, writing, and speaking by applying several approaches, such as brainstorming, digital literacy, discussion, argumentative writing, and student presentation. The teaching strategy gives examples of the applying team-game tournament, and project-based learning as the specific techniques that can enrich the teaching and learning process. As a result, students achieve business knowledge, language skills, and critical thinking.