PENGARUH MEDIA FLASHCARD BERBASIS ANDROID TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF DAN KEAKSARAAN PADA KELOMPOK B DI TK ISLAM MUTIARA SURABAYA
THE EFFECT OF ANDROID-BASED FLASHCARD MEDIA ON THE DEVELOPMENT OF EXPRESSION LANGUAGE AND LITERACY IN GROUP B ISLAMIC KINDERGARTEN MUTIARA SURABAYA
ABSTRAK
Riana Rahayu, 2022. Pengaruh Media Flashcard Berbasis Android Terhadap Perkembangan Bahasa Ekspresi dan Keaksaraan pada Kelompok B TK Islam Mutiara Surabaya. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., (2) Dr. Bactiar Saiful Bachri, M.Pd.
Kata Kunci: Media Flashcard Berbasis Android, Bahasa Ekspresif, Bahasa Keaksaraan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh media flashcard berbasis android terhadap perkembangan bahasa ekspresif, (2) pengaruh media flashcard berbasis android terhadap perkembangan bahasa keaksaraan, (3) penaruh media flashcard berbasis android terhadap perkembangan bahasa ekspresif dan keaksaraan. Penelitian ini menggunakan pola rancangan quasi eksperimental disign dengan desain non equalivalent control roup design. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik nonprobability jenis sampling jenuh berumlah 28 anak, 15 sebaagai kelompok eksperimen dan 13 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji beda kelompok kontrol dan kelompok eksperimen: (1) bahasa ekspresif nilai thitung sebesar 12,941. Apabila dilakukan perbandingan maka nilai thitung > t tabel yaitu (12,491>2,056) dan hasil nilai sig. 2 tailed senilai 0,000<0,05, berarti bahwa terdapat perbedaan secara signifikan selanjutnya (2) bahasa keaksaraan di peroleh hasil nilai t hitung > t tabel yaitu (10,186>2,056) dan hasil sig. 2 tailed senilai 0,000<0,05, berarti bahwa terdapat perbedaan secara signifikan. Sedangkan menggunakan Anova bahwa nilai F-hitung = 89,871 atau willkss’lamba sebesar 0.122 dengan taraf signifikan sebesar 0,000. Taraf signifikan yang diperoleh dari hasil pengujian kurang 5%, Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan singifikan nilai pretest dan postest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen pada penggunaan media flashcard berbasis android terhadap perkembangan bahasa ekspresif dan keaksaraan pada kelompok B TK Islam Mutiara Surabaya.
ABSTRACT
Riana Rahayu, 2022. The Effect of Android-Based Flashcard Media on the Development of Expression Language and Literacy in Group B Islamic Kindergarten Mutiara Surabaya. Thesis. Basic Education Study Program Concentration of Early Childhood Education. Graduate program. Surabaya State University. Supervisor: (1) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., (2) Dr. Bactiar Sjaiful Bachri, M.Pd.
Keywords: Android-Based Flashcard Media, Expressive Language, Literacy Language.
This study aims to determine (1) the effect of android-based flashcard media on expressive language development, (2) the influence of android-based flashcard media on literacy language development, (3) the influence of android-based flashcard media on expressive language development and literacy. This study uses a quasi-experimental design pattern with a non-equalivalent control group design. This research was conducted in the Rungkut District, Surabaya City. Sampling in this study used a non-probability technique of saturated sampling with a total of 28 children, 15 as the experimental group and 13 as the control group. Data collection techniques in the form of observation and documentation. Based on the different test of the control group and the experimental group: (1) expressive language, the tcount value is 12,941. If a comparison is made, the value of tcount > t table is (12,491>2,056) and the result is the value of sig. 2 tailed worth 0.000 <0.05, meaning that there is a significant difference then (2) literacy language is obtained from the results of the t count > t table, namely (10.186> 2.056) and the results of sig. 2 tailed worth 0.000 <0.05, meaning that there is a significant difference. Meanwhile, using ANOVA, the F-count = 89.871 or willkss'lamba is 0.122 with a significant level of 0.000. The significant level obtained from the test results is less than 5%. Based on the results of the study, it can be concluded that there is a significant difference in the pretest and posttest scores between the control group and the experimental group on the use of android-based flashcard media on the development of expressive language and literacy in group B Islamic Kindergarten Mutiara Surabaya.