Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa
Analysis of the Two Stay Two Stray (TSTS) Cooperative Learning Model on Student Learning Outcomes
Artikel ini menganalisis model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS)mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Proses pembelajaran seharusnya menyenangkan bagi siswa sehingga hasil belajar dan motivasi belajar siswa dapat meningkat. Namun dalam proses pembelajaran pada umumnya guru lebih sering menerapkan model pembelajaran konvensional sehingga siswa menjadi jenuh dan kurang bersemangat karena tidak ada variasi pada saat kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, perlu adanya metode pembelajaran yang tepat untuk merangsang keaktifan siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Two Stay Two Stray (TSTS) merupakan metode pembelajaran yang membagi siswa menjadi beberapa kelompok, dan merupakan metode pembelajaran kooperatif yang tepat untuk mengaktifkan siswa selama pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif serta teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti adalah observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik menurut Miles dan Huberman: pertama dengan reduksi data, kedua penyajian data dan ketiga menarik kesimpulan.Hasil penerapan Two Stay Two Stray(TSTS) yang diharapkan guru adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh terhadap prestasi belajar
This article analyzes how the Two Stay Two Stray (TSTS) learning method can improve student learning outcomes.The learning process is supposed to be fun for students so that it can increase student motivation and improve student learning outcomes. But in the learning process in general,teachers more often apply conventional learning models so that students become saturated and less excited because there is no variation in the learning process. Thus, the right learning method needs to be applied so that it can stimulate the activeness. The Two Stay Two Stray (TSTS) learning method is one solution to overcome this. Two Stay Two Stray (TSTS)is a learning method in wich students were divided into several group, and is a cooperative learning method that is suitable to activate student in the learning process. The purpose of this research is to find out the Two Stay Two Stray cooperative learning model can help students in improving learning outcomes. The research method used is descriptive qualitative and data collection techniques used by researchers are observation and interviews. While the data analysis technique uses the technique according to Miles and Huberman: first by data reduction, secondly by presenting data and third by drawing conclusions. The results of the application of Two Stay Two Stray (TSTS) cobducted by teachers is the two Stay Two Stray (TSTS) learning method can be improve student learning outcomes.