Exploring Lecturers’ Types of Feedback and Emotional Experiences in Giving Feedback on Students’ Writing
Pemberian umpan balik merupakan langkah penting dalam membantu proses menulis mahasiswa. Oleh karena itu, dibutuhkan peran dosen dalam mengembangkan kepenulisan mahasiswa. Ketika sedang memberikan umpan balik, perasaan negatif dan positif pasti dialami oleh dosen. Penelitian kualitatif digunakan dengan melibatkan dua dosen dari jurusan bahasa Inggris sebagai subjek penelitian. Peneliti mewawancari mereka menggunakan wawancara terbuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap jenis pemberian umpan balik yang sering digunakan oleh dosen dan menyelidiki cara dosen mengatasi perasaan mereka ketika sedang memberikan umpan balik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen lebih sering memberikan umpan balik secara lisan pada semua mahasiswa dalam satu kelas untuk menghemat waktu. Terkait perasaan yang dialami oleh dosen, ditemukan bahwa kedua dosen tersebut dapat memberikan umpan balik yang menyeluruh ketika mereka sedang memiliki suasana hati yang baik, begitu pula sebaliknya.
Keyword: pemberian umpan balik, perasaan, menulis
Giving feedback is an essential way to assist the students’ writing process. Therefore, the role of lecturers is entailed to help the development of students’ writing. In the process of giving feedback, the lecturer may experience some emotions including positive and negative emotions. A qualitative study was conducted in this research involving two English lecturers as the research participants. They were interviewed using a semi-structured interview. The purpose of this research was to reveal the types of feedback which were usually used by the lecturers and explore how the lecturers maintained their emotion during the process of providing feedback. The result of this research showed that the lecturers often used oral feedback for all students in a class to save more time. Related to the emotional experiences, it was found that both lecturers could give comprehensive feedback when they were in positive emotions, and vice versa.
Keywords: giving feedback, emotion, writing