Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Kelas 11 di SMKN 1 Bojonegoro
Development of Independent Curriculum Student Worksheets for Class 11 Office Technology Subjects at SMKN 1 Bojonegoro
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran kelas XI di SMKN 1 Bojonegoro. Pengembangan dilakukan untuk mendukung pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) yang berpusat pada siswa, guna meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, dan kreativitas sesuai dengan tuntutan abad ke-21. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi.
Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang melibatkan 20 peserta didik dan validasi oleh ahli asesmen, materi, bahasa, dan kegrafikan. LKPD yang dikembangkan berfokus pada materi aplikasi perkantoran, khususnya Microsoft Excel, yang menjadi kompetensi penting untuk menunjang keterampilan siswa dalam Praktik Kerja Industri (Prakerin). Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD ini sangat layak digunakan dengan skor rata-rata di atas 85% dari seluruh validator. Implementasi menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dan mandiri dalam proses pembelajaran, serta lebih mudah memahami materi.
Kesimpulannya, LKPD berbasis Kurikulum Merdeka ini dapat digunakan sebagai bahan ajar efektif untuk mendukung pembelajaran di SMK, khususnya dalam mata pelajaran Teknologi Perkantoran. LKPD ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dalam mengembangkan bahan ajar yang relevan dengan kebutuhan siswa dan tuntutan kurikulum.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Kurikulum Merdeka, Teknologi Perkantoran, ADDIE, Microsoft Excel, SMKN 1 Bojonegoro.
This study aims to develop Student Worksheets (LKPD) based on the Independent Curriculum (Kurikulum Merdeka) for the Office Technology subject in 11th grade at SMKN 1 Bojonegoro. The development process supports project-based learning, which emphasizes student-centered activities to enhance conceptual understanding, critical thinking skills, and creativity aligned with 21st-century learning demands. The research employs the ADDIE development model, encompassing five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation.
Data collection was conducted using questionnaires involving 20 students and validation by experts in assessment, content, language, and graphics. The developed LKPD focuses on office application materials, particularly Microsoft Excel, which is an essential skill for students in supporting their Industrial Work Practices (Prakerin). Validation results indicate that the LKPD is highly feasible for use, with an average score exceeding 85% from all validators. Implementation results show that students became more active and independent in the learning process, making it easier for them to comprehend the material.
In conclusion, the LKPD based on the Independent Curriculum can be an effective teaching resource to support learning in vocational schools, especially in the Office Technology subject. This LKPD is expected to serve as a reference for teachers in developing teaching materials relevant to students' needs and curriculum requirements.
Keywords: Student Worksheets, Independent Curriculum, Office Technology, ADDIE, Microsoft Excel, SMKN 1 Bojonegoro.