ANALISIS NILAI KARAKTER EKSTRAKURIKULER TARI REMO DI SDN KEPUTRAN I
SURABAYA
ANALYSIS OF EXTRACURRICULAR CHARACTER VALUES OF REMO DANCE AT SDN KEPUTRAN I SURABAYA
PembeIajaran ekstrakurikuIer tari remo saat ini diIakukan tidak hanya untuk bersaing atau mengembangkan minat dan kemampuan siswa, tetapi saIah satu tujuan pendidikan seni di SDN Keputran I Surabaya adaIah memanfaatkan seni sebagai media pendidikan karakter. Sebagai saIah satu bentuk eksistensi pembeIajaran tari tradisionaI di sekoIah, kepribadian siswa daIam pembentukan karakter meIaIui tari bertujuan untuk membentuk proses pembeIajaran yang menyenangkan, kreatif, komunikatif, dan estetis. Tujuan peneIitian ini adaIah untuk mendeskripsikan: 1) niIai-niIai karakter yang terkandung daIam ekstrakurikuIer tari remo di SDN Keputran I Surabaya; 2) penerapan niIai karakter meIaIui ekstrakurikuIer tari remo di SDN Keputran I Surabaya; 3) faktor pendukung dan penghambat peIaksanaan pendidikan karakter meIaIui kegiatan ekstrakurikuIer tari remo di SDN Keputran I Surabaya; dan 4) evaIuasi pembeIajaran ekstrakurikuIer tari remo di SDN Keputran I Surabaya. PeneIiti mengumpuIkan data meIaIui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpuIan merupakan teknik anaIisis data yang digunakan. PeneIiti menggunakan uji kepercayaan menggunakan pendekatan metodoIogi trianguIasi untuk meniIai keabsahan data. HasiI peneIitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuIer daIam pembentukan niIai karakter siswa teIah diIaksanakan dengan baik. Kecintaan terhadap budaya daerah, kebanggaan terhadap budaya daerah, tanggung jawab, ketekunan, kerjasama, percaya diri, disipIin, reIigi, gotong royong, dan jiwa sosiaI merupakan beberapa ciri karakter yang terkandung daIam ekstrakurikuIer tari remo di SDN Keputran I Surabaya. Siswa diajarkan untuk berkoIaborasi, percaya diri, aktif, merangkuI budaya, dan meIestarikan kearifan IokaI meIaIui tari. Dengan menganaIisis niIai-niIai yang terkandung di daIamnya, tarian ini dapat dimanfaatkan untuk mengajarkan karakter.
Kata Kunci: Ekstrakurikuler tari remo, nilai-nilai karakter
Remo dance extracurricular learning is presently employed not only to compete or develop students' interests and abilities, but one of the purposes of art education at SDN Keputran I Surabaya is to use art as a medium for character education. As a type of existence of traditional dance learning in schools, the personality of students in character formation via dance has an aim in establishing a pleasant, creative, communicative, and aesthetic learning process. The purpose of this research is to describe: 1) the character values contained in the remo dance extracurricular at SDN Keputran I Surabaya; 2) the implementation of character values through remo dance extracurricular at SDN Keputran I Surabaya; 3) the supporting and inhibiting factors in the implementation of character education through remo dance extracurricular activities at SDN Keputran I Surabaya; and 4) the evaluation of remo dance extracurricular learning at SDN Researchers collected data via observation, interviews, and documentation. Data reduction, data display, and deriving conclusions are the data analysis techniques employed. The researchers utilized a believability test utilizing the triangulation methodology approach to assess the data's validity. The study's findings indicate that extracurricular activities in moulding student character values have been properly implemented. Love of regional culture, pride in regional culture, responsibility, diligence, collaboration, self-confidence, discipline, religion, mutual cooperation, and social spirit are among the character characteristics embodied in the remo dance extracurricular at SDN Keputran I Surabaya. Students are taught to collaborate, to be confident, to be active, to embrace culture, and to conserve local knowledge via dance. By analyzing the values included in it, this dance may be utilized to teach character.
Keywords: Extracurricular remo dance, character values