Minat belajar dibutuhkan dalam keberhasilan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari lingkungan keluarga dan efikasi diri terhadap minat belajar ekonomi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Sumber data yang digunakan ialah data primer yang diperoleh dari responden dengan menggunakan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan yaitu dengan menggunakan simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Driyorejo. Jumlah sample yang digunakan pada penelitian ini adalah 192 siswa kelas X SMA Negeri 1 Driyorejo. Hasil penelitian ini yaitu lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar ekonomi dan efikasi diri juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar ekonomi.
Interest in learning is needed in the success of the learning process. The purpose of this study was to determine the effect of the family environment and self-efficacy on interest in studying economics. This research method uses quantitative methods, with the type of causal associative research. The data source used is primary data obtained from respondents using a questionnaire. The sampling technique used is by using simple random sampling. The population in this study were class X students of SMA Negeri 1 Driyorejo. The number of samples used in this study were 192 students of class X SMA Negeri 1 Driyorejo. The results of this study are that the family environment has a positive and significant effect on interest in studying economics and self-efficacy also has a positive and significant effect on interest in studying economics.