ANALISIS PAMERAN BUDAYA SEBAGAI PENINGKATAN KEBHINEKAAN GLOBAL DALAM IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP PLUS AL FATIMAH BOJONEGORO
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pameran budaya bertema Bhineka Tunggal Ika yang dilaksanakan sebagai bagian dari proyek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro. Pameran ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kebhinekaan global dalam konteks pendidikan berbasis Kurikulum Merdeka Belajar. Kurikulum ini menekankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dengan fokus pada penguatan karakter melalui Profil Pelajar Pancasila, termasuk nilai-nilai kebhinekaan global seperti toleransi, menghargai perbedaan, dan memperkuat identitas nasional.
Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis bagaimana pameran budaya ini dapat memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pameran budaya berhasil meningkatkan wawasan siswa mengenai keragaman budaya Indonesia. Selain itu, pameran ini juga melibatkan siswa secara aktif dalam berbagai kegiatan interaktif, seperti penampilan seni tradisional, pembuatan prakarya miniature rumah adat, dan diskusi kelompok. Kegiatan tersebut memberikan pengalaman belajar yang nyata, mendorong siswa untuk memahami dan menghargai perbedaan, serta menanamkan nilai-nilai kebhinekaan dalam kehidupan sehari-hari.
Kesimpulannya, proyek penguatan profil pelajar Pancasila melalui pameran budaya ini memberikan dampak positif yang signifikan. Perencanaan yang matang, pelaksanaan yang melibatkan seluruh siswa, serta evaluasi menyeluruh menjadi kunci keberhasilan proyek ini. Selain memperkuat identitas nasional, kegiatan ini juga berhasil mendukung internalisasi nilai-nilai kebhinekaan global di kalangan siswa. Dengan demikian, pameran budaya seperti ini dapat menjadi model yang efektif untuk mendukung pendidikan karakter yang relevan dengan tantangan keberagaman di era globalisasi.
Kata kunci : Pameran Budaya, Kebhinekaan Global, Profil Pelajar Pancasila.
This study aims to describe the implementation of a cultural exhibition themed Bhineka Tunggal Ika conducted as part of the Pancasila Student Profile strengthening project at SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro. The exhibition was designed to enhance students' understanding of global diversity within the framework of the Merdeka Belajar Curriculum. This curriculum emphasizes student-centered learning, focusing on character development through the Pancasila Student Profile, including global diversity values such as tolerance, appreciation for differences, and strengthening national identity.
The research employed a descriptive qualitative method to analyze how the cultural exhibition positively impacted students' understanding. The findings revealed that the cultural exhibition successfully increased students' awareness of Indonesia's cultural diversity. Moreover, the exhibition actively engaged students in various interactive activities, such as traditional art performances, crafting miniature models of traditional houses, and group discussions. These activities provided hands-on learning experiences, encouraging students to understand and appreciate differences while internalizing the values of diversity in their daily lives.
In conclusion, the Pancasila Student Profile strengthening project through this cultural exhibition has had a significantly positive impact. Careful planning, implementation involving all students, and comprehensive evaluation were key to the project's success. In addition to strengthening national identity, this activity effectively supported the internalization of global diversity values among students. Therefore, such cultural exhibitions can serve as an effective model for character education that addresses the challenges of diversity in the era of globalization.
Keywords: Cultural Exhibition, Global Diversity, Pancasila Student Profile.