MISKONSEPSI SISWA SMA PADA MATERI LOGARITMA
HIGH SCHOOL STUDENTS’ MISCONCEPTIONS ABOUT LOGARITHMIC MATERIAL
Miskonsepsi merupakan kekeliruan dalam memahami suatu konsep yang disebabkan oleh kesalahan dalam mentransfer konsep yang telah diterima ke dalam kerangka kerja. Penelitian ini menggunakan soal diagnostik dan teknik Certainty of Response Index (CRI) termodifikasi. Tes diagnostik digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan siswa, sedangkan CRI digunakan untuk mengetahui kategori pemahaman konsep siswa berdasarkan keyakinan siswa dalam menjawab soal. Siswa kelas X IPA sejumlah 17 orang diberikan soal diagnostik materi logaritma dan Angket CRI kemudian 3 siswa yang memenuhi kriteria dipilih untuk diwawancarai. Hasil dari analisis jawaban soal diagnostik, nilai CRI, dan wawancara menunjukkan bahwa ketiga siswa tersebut mengalami miskonsepsi pada materi logaritma terutama pada konsep sifat-sifat logaritma yakni: sifat penjumlahan, sifat pengurangan, pembagian logaritma, sifat pangkat, dan sifat merubah basis.
The misconception is a misunderstanding of a concept caused by an error in transferring the accepted conception into the framework. This study uses a diagnostic question and a modified Certainty of Response Index (CRI) technique. Diagnostic tests to identify student errors, while CRI is used to determine the category of student understanding of concepts based on student beliefs in answering questions. 17th students of class X IPA will accept diagnostic questions on logarithmic material and CRI Questionnaires, then 3rd students who met the criteria were selected to be interviewed. The results of the analysis of answers to diagnostic questions, CRI scores, and interviews showed that the three students had misconceptions about logarithmic material, especially on the concept of logarithmic properties, namely: addition properties, subtraction properties, logarithmic division, power properties, and changing base properties.