PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE POWERPOINT LEARNING MEDIA IN HUMAN MOTION SYSTEM IN GRADE 11 STUDENT OF SENIOR HIGH SCHOOL
Era globalisasi diwarnai dengan revolusi teknologi komunikasi dan informasi yang mendorong setiap individu, lembaga dan institusi pendidikan untuk melakukan respon terhadap perubahan tersebut. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dapat memecahkan berbagai masalah pendidikan di Indonesia. Salah satu masalah pendidikan terkait media pembelajaran. Media sangat penting digunakan dalam pembelajaran, karena selain membantu guru menyampaikan informasi, media juga bisa membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Media dapat membuat peserta didik menjadi lebih semangat dan tidak bosan dalam belajar.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media powerpoint interaktif pada materi Sistem Gerak pada Manusia peserta didik kelas XI yang layak berdasarkan validitas dan kepraktisan, dan memperoleh deskripsi tentang validitas dan kepraktisan media powerpoint interaktif pada materi Sistem Gerak pada Manusia siswa kelas XI berdasarkan penilaian ahli dan angket respon peserta didik.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Akan tetapi tahap disseminate tidak dilakukan. Pengambilan data validitas dan kepraktisan media dilakukan dengan menggunakan teknik validasi dan angket. Validasi dilakukan oleh 3 validator, yaitu 2 validator ahli dan 1 validator guru Biologi. Angket diberikan kepada 20 peserta didik sebagai responden setelah pembelajaran menggunakan media yang dikembangkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor validitas media powerpoint interaktif mencapai 4,72 dengan kriteria validitas “sangat valid” dan respon positif peserta didik mencapai 96% dengan kriteria “sangat praktis”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif pada materi Sistem Gerak pada Manusia layak berdasarkan validitas dan kepraktisan.
Kata kunci : Powerpoint interaktif, Sistem Gerak pada Manusia, Kepraktisan.
The era of globalization is characterized by the revolution in communication and information technology, which urges every individual, institution, and educational establishment to respond to these changes. The development of communication and information technology has the potential to solve various educational problems in Indonesia, including issues related to learning media. Media usage in education is considered essential because, apart from helping teachers deliver information, it can also create a more enjoyable learning atmosphere. Media can motivate students and prevent boredom during the learning process.
The objective of this research is to create an interactive PowerPoint media for the topic "Human Motion System" for 11th-grade students that is deemed valid and practical and to obtain a description of the validity and practicality of the interactive PowerPoint media on the "Human Motion System" topic, based on expert assessments and student response questionnaires.
This developmental research adopts the 4-D model, consisting of the define, design, develop, and disseminate phases. However, the disseminate phase was not implemented in this study. Data on the validity and practicality of the media were collected using validation techniques and questionnaires. Validation was conducted by three validators, including two expert validators and one Biology teacher. The questionnaire was given to 20 students as respondents after they experienced the learning process using the developed media.
The research results show that the validity score of the interactive PowerPoint media reaches 4.72 with a "very valid" validity criterion, and the positive response from the students reaches 96% with a "very practical" practicality criterion. Thus, it can be concluded that the interactive PowerPoint learning media on the topic of "Human Motion System" is considered valid and practical.
Keywords: Interactive powerpoint. Human Motion System, Practicality.